KERTAS KERJA WAJIB ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN JENIS BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN MESIN DIESEL

HANDAYANI, SOVI AULIA DWI (2024) KERTAS KERJA WAJIB ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN JENIS BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN MESIN DIESEL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21030157-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB 1)
21031057-KKW-BAB 1.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 2)
21031057-KKW-BAB 2.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 3)
21031057-KKW-BAB 3.pdf

Download (507kB)
[img] Text (BAB 4)
21031057-KKW-BAB 4.pdf

Download (800kB)
[img] Text (BAB 5)
21031057-KKW-BAB 5.pdf

Download (79kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031057-KKW-LAMPIRAN.pdf

Download (686kB)

Abstract

Bahan bakar solar merupakan kandungan belerang dengan kadar yang tinggi dengan cairan yang mudah terbakar yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan motor diesel. Di Indonesia ada beberapa jenis bahan bakar yaitu Biosolar B30. Dexlite B30, Pertamina Dex, Shell V-Power Diesel, dan Shell Diesel Extra. Kelima bahan bakar tersebut memiliki sifat dan angka setana atau cetane number (CN) yang berbeda. Dalam kendaraan mesin diesel terbagi menjadi 2 jenis pembakaran yaitu mesin diesel konvensional dan mesin diesel common rail. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pada uji pada kendaraan mesin diesel konvensional dan mesin diesel common rail menggunakan alat uji Smoke Tester output yang dihasilkan nilai emisi gas buang opasitas (%) dan Speedometer Tester digunakan sebagai penunjuk kecepatan km/jam. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh jenis bahan bakar terhadap emisi gas buang kendaraan mesin diesel. Berdasarkan hasil analisis data Manova dengan aplikasi SPSS menunjukan bahwa dalam penggunaan jenis bahan bakar terhadap emisi gas buang kendaraan mesin diesel konvensional dan kendaraan mesin diesel common rail data yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh perbedaan antara penggunaan jenis bahan bakar kendaraan mesin diesel konvensional dengan kendaraan mesin diesel common rail. Hasil pada kendaraan barang Mitsubishi Colt L300 tahun 2016 mesin konvensional emisi gas buang total rata-rata lebih tinggi yaitu 38,49 sedangkan kendaraan barang Mitsubishi Colt L300 tahun 2022 mesin Common rail hasil emisi gas buang total rata-rata lebih rendah yaitu 31,09%. Kata kunci : Emisi Gas Buang, Bahan Bakar, Manova, Mesin Diesel Konvensional, Mesin Diesel Common Rail

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Emisi Gas Buang, Bahan Bakar, Manova, Mesin Diesel Konvensional, Mesin Diesel Common Rail
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031057 21031057
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:30
Last Modified: 26 Jul 2024 07:30
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item