ANALISIS ERGONOMI SEAT PENGEMUDI BUS MENGGUNAKAN METODE RULA, LBA, DAN CMDQ GUNA MENCAPAI SNI 9011:2021

MAULANA, ALDY (2025) ANALISIS ERGONOMI SEAT PENGEMUDI BUS MENGGUNAKAN METODE RULA, LBA, DAN CMDQ GUNA MENCAPAI SNI 9011:2021. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21021003-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21021003-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21021003-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021003-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021003-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21021003-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21021003-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Desain seat pengemudi yang tidak ergonomis dapat menyebabkan gangguan otot rangka (musculoskeletal disorders) seperti nyeri pada punggung, leher, dan bahu, terutama pada pengemudi bus yang bekerja dalam durasi lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kenyamanan dan risiko ergonomi pada seat pengemudi bus Perum DAMRI Purwokerto, serta merancang ulang seat yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 9011:2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengisian kuesioner Cornell Musculoskeletal Discomfort Questionnaire (CMDQ), simulasi postur kerja dengan Rapid Upper Limb Assessment (RULA) dan Lower Back Analysis (LBA) menggunakan software Jack 8.4. Hasil analisis menunjukkan bahwa seat lama memiliki skor RULA 5–7 (risiko tinggi) dan LBA maksimum 596 N, dengan keluhan terbanyak pada punggung atas, punggung bawah, dan pinggul. Setelah dilakukan redesain, seat baru menunjukkan penurunan skor RULA menjadi 2–3 (risiko rendah) dan LBA menjadi 542 N. Penurunan ini mengindikasikan peningkatan postur dan kenyamanan kerja. Desain baru juga telah memenuhi aspek utama yang dipersyaratkan dalam SNI 9011:2021. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan desain seat pengemudi yang ergonomis di industri transportasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Seat Pengemudi Bus, Rappid Upper Limb Asessement (RULA), Lower Back Analysis (LBA), Cornell Muscoloskeletall Discomfort Quistionnarie (CMDQ), Gangguan Otot Rangka (GOTRAK), SNI 9011:2021.
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021003 21021003
Date Deposited: 11 Jul 2025 01:09
Last Modified: 11 Jul 2025 01:09
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3659

Actions (login required)

View Item View Item