MAULANA, ALDY (2025) ANALISIS ERGONOMI SEAT PENGEMUDI BUS MENGGUNAKAN METODE RULA, LBA, DAN CMDQ GUNA MENCAPAI SNI 9011:2021. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21021003-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021003-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (392kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021003-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021003-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021003-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021003-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (307kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021003-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Desain seat pengemudi yang tidak ergonomis dapat menyebabkan gangguan otot rangka (musculoskeletal disorders) seperti nyeri pada punggung, leher, dan bahu, terutama pada pengemudi bus yang bekerja dalam durasi lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kenyamanan dan risiko ergonomi pada seat pengemudi bus Perum DAMRI Purwokerto, serta merancang ulang seat yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 9011:2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengisian kuesioner Cornell Musculoskeletal Discomfort Questionnaire (CMDQ), simulasi postur kerja dengan Rapid Upper Limb Assessment (RULA) dan Lower Back Analysis (LBA) menggunakan software Jack 8.4. Hasil analisis menunjukkan bahwa seat lama memiliki skor RULA 5–7 (risiko tinggi) dan LBA maksimum 596 N, dengan keluhan terbanyak pada punggung atas, punggung bawah, dan pinggul. Setelah dilakukan redesain, seat baru menunjukkan penurunan skor RULA menjadi 2–3 (risiko rendah) dan LBA menjadi 542 N. Penurunan ini mengindikasikan peningkatan postur dan kenyamanan kerja. Desain baru juga telah memenuhi aspek utama yang dipersyaratkan dalam SNI 9011:2021. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan desain seat pengemudi yang ergonomis di industri transportasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ergonomi, Seat Pengemudi Bus, Rappid Upper Limb Asessement (RULA), Lower Back Analysis (LBA), Cornell Muscoloskeletall Discomfort Quistionnarie (CMDQ), Gangguan Otot Rangka (GOTRAK), SNI 9011:2021. |
Subjects: | Q Science > QM Human anatomy T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021003 21021003 |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 01:09 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |