RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KECEPATAN KENDARAAN PADA RUAS JALAN TOL BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) DENGAN MENGGUNAKAN RASPBERRY PI

WIBOWO, MUHAMMAD AZMI (2024) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KECEPATAN KENDARAAN PADA RUAS JALAN TOL BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) DENGAN MENGGUNAKAN RASPBERRY PI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20022080-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
20022080-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2)
20022080-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20022080-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20022080-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20022080-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20022080-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka kecelakaan yang ada di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor manusia, faktor kendaraan dan faktor lingkungan. Dari faktor – faktor itu di dominasi oleh faktor manusia yang di dalamnya kecelakaan dikarenakan kecepatan tinggi / overspeed merupakan faktor yang paling tinggi. Oleh karena itu perlu adanya tindakan untuk mengurangi dan menangani permasalah tersebut. Pada penelitian ini dibuat sebuah alat pendeteksi kecepatan yang termonitor dengan website dan dapat diakses oleh admin atau petugas yang bersangkutan. Pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). penelitian ini merupakan pengembangan penelitian sebelumnya. Namun, pada penelitian ini terdapat perubahan sensor menggunakan TF Mini Lidar. Penggantian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan akurasi pembacaan kecepatan. Pengujian perbandingan dengan alat yang sudah ada yaitu speedgun, HB100, dan TF Mini Lidar dengan sudut uji 15%, 30%, dan 45%. Dalam uji ini didapatkan hasil pada uji sudut 15% yaitu speedgun 92,1%, HB100 87,1%, dan TF Mini Lidar 91,1%. Pada sudut 30% yaitu speedgun 91,0%, HB100 82,5%, dan TF Mini Lidar 89,5%. Pada sudut uji 45% yaitu speedgun 88,8%, HB100 80,5%, dan TF Mini Lidar 86,8%. pada penelitian ini juga melakukan uji sensor untuk melihat keakurasian cara kerja sensor dengan sebanyak 3 kali dengan waktu yang berbeda yaitu pagi, sore, dan malam. Dalam hasil uji alat didapatkan hasil yaitu pagi 86,1%, sore 89,5%, dan malam 91,8%. Dalam pengujian ini juga webcam / kamera dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, kecepatan tinggi, jalan tol, deteksi kecepatan, TF Mini Lidar.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20022080 20022080
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:46
Last Modified: 11 Jul 2024 04:46
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item