KAMISWARA, ANDIKA and ZULHIDAYAT, DIKA and MAHARANI, KHANSA YULISA SEKAR and NURRAHMAWATI, ETIKA FITRIA (2024) LAPORAN MAGANG 2 PT KARYA KENCANA LOGISTIK. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
Text (ABSTRAK)
20021002_20022069_20021038_20021016-MAGANG 2-ABSTRAK.pdf Download (451kB) |
|
Text (BAB 1)
20021002_20022069_20021038_20021016-MAGANG 2-BAB_1.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 2)
20021002_20022069_20021038_20021016-MAGANG 2-BAB_2.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 3)
20021002_20022069_20021038_20021016-MAGANG 2-BAB_3.pdf Download (405kB) |
|
Text (BAB 4)
20021002_20022069_20021038_20021016-MAGANG 2-BAB_4.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
20021002_20022069_20021038_20021016-MAGANG 2-BAB_5.pdf Download (56kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20021002_20022069_20021038_20021016-MAGANG 2-LAMPIRAN.pdf Download (946kB) |
Abstract
Persyaratan standar keselamatan yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan angkutan antara lain yaitu SMKPAU dan K3. Sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum adalah bagian penting dari manajemen perusahaan, bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan mengelola risiko kecelakaan. PT Karya Kencana Logistik memiliki dokumen SMK PAU sebagai syarat pendirian, namun implementasinya belum optimal dan masih ada kekurangan dokumen. Evaluasi ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan dengan mengidentifikasi ketidaksesuaian dan menyusun rencana perbaikan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. PT Karya Kencana Logistik baru memiliki 19 dari 63 dokumen SMK yang diperlukan (nilai 32,2), sehingga perlu melengkapi dokumen sesuai ketentuan PM 18 Tahun 2018. Evaluasi ini diharapkan memberikan panduan untuk mengatasi kekurangan dan memastikan kepatuhan terhadap standar keselamatan yang ditetapkan, sehingga meningkatkan keselamatan operasional perusahaan. Selain itu perusahaan juga perlu memperhatikan bagaimana penerapan K3, pada PT Karya Kencana Logistik evaluasi penerapan K3 dilakukan pada bengkel perusahaan. Penerapan K3 pada bengkel armada di PT Karya Kencana belum berjalan dengan sesuai hal ini dibuktikan dengan hasil observasi kegiatan di bengkel yang masih belum sesuai standar seperti tidak adanya jalur demarkasi yang jelas, tidak memakai APD ketika bekerja, tidak adanya sistem penataan barang yang teratur dan lain sebagainya. Oleh karena itu selain rekomendasi SMKPAU, rekomendasi penerapan K3 yang sesuai juga perlu untuk PT Karya Kencana Logistik agar aspek keselamatan dalam perusahaan dapat tercapai dan meningkatkan kesejahteraan pekerja sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMK PAU, Karya Kencana Logistik, Bahaya dan Risiko |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 20022069 20022069 |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:46 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:19 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2592 |
Actions (login required)
View Item |