CANDRA, ANDIKA (2021) ANALISIS KETERCAPAIAN KEBIJAKAN WAJIB MENYALAKAN LAMPU UTAMA SEPEDA MOTOR PADA SIANG HARI (STUDI KASUS DI WILAYAH KABUPATEN BOYOLALI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
1710391-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB 1)
1710391-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 2)
1710391-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1710391-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1710391-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1710391-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (66kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1710391-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data kecelakaan Polres Kabupaten Boyolali pada tahun 2016 – 2019 terus mengalami peningkatan. Jenis kendaraan sepeda motor memiliki jumlah 4.086 dengan keterlibatan kendaraan dalam kecelakaan lalu lintas tertinggi di Boyolali. Hal tersebut akibat kendaraan yang tidak berkeselamatan. Solusi pemerintah dalam menanggapi masalah yaitu mengevaluasi dengan penerapan kebijakan wajib menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang hari. Tujuan penelitian untuk mengetahui ketercapaian penerapan kebijakan dari pihak implementor Satlantas Polres Boyolali dan pengendara sepeda motor serta mengetahui efektifitas kebijakan dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel independen yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi dengan variabel dependen yaitu penerapan kebijakan wajib menyalakan lampu utama. Pengambilan sample menggunakan rumus Slovin. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, dan analisis skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian kebijakan oleh pihak implementor Satlantas Boyolali sebesar 94,43% kategori “Sangat Baik” dan tingkat ketercapaian kebijakan oleh pihak pengendara sepeda motor sebesar 79,10% kategori “Baik” tetapi, ketercapaian penerapan kebijakan tersebut tidak dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terus meningkat di kabupaten Boyolali sehingga kebijakan tersebut dianggap tidak efektif. Kata Kunci: Ketercapaian, Kebijakan, Efektifitas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketercapaian, Kebijakan, Efektifitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:03 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 04:03 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/675 |
Actions (login required)
View Item |