YUHANDIKA, SANDHY (2025) RANCANG BANGUN SISTEM KOMUNIKASI ANTAR KENDARAAN UNTUK PERINGATAN POSISI TITIK BUTA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21023086_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
21023086_SKRIPSI_BAB I.pdf Download (136kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
21023086_SKRIPSI_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
21023086_SKRIPSI_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
21023086_SKRIPSI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
21023086_SKRIPSI_BAB V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21023086_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem komunikasi antar kendaraan (V2V) yang berfungsi sebagai peringatan posisi titik buta, mengatasi peningkatan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk dan sepeda motor. Berdasarkan data Korlantas Polri, kecelakaan lalu lintas meningkat 10,27% dari tahun 2022 hingga 2023, dengan kerugian material mencapai Rp 307,7 miliar. Salah satu penyebab utama kecelakaan ini adalah keterbatasan jarak pandang pengemudi truk pada area titik buta. Sistem yang dikembangkan Sensor ultrasonik ditempatkan pada empat sisi truk (depan, belakang, kanan, dan kiri) untuk mendeteksi keberadaan objek di area titik buta. Data yang diperoleh dari sensor kemudian diolah oleh mikrokontroler dan dikirimkan menggunakan protokol komunikasi nirkabel ESP-NOW. ESP-NOW dipilih karena kesederhanaannya, efisiensi daya, dan kemampuannya dalam transfer data nirkabel jarak dekat. Sistem ini memiliki dua unit utama: perangkat informasi dalam kabin truk dan perangkat peringatan pada sepeda motor. Perangkat dalam kabin memberikan informasi visual melalui layar LCD yang menunjukkan posisi objek di titik buta (depan, kiri, kanan, belakang) serta peringatan audio melalui DFPlayer Mini dan speaker. Sementara itu, perangkat pada sepeda motor menerima sinyal dari truk dan memberikan peringatan visual melalui LED dan audio melalui buzzer kepada pengendara sepeda motor ketika berada di area titik buta truk. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem komunikasi V2V ini sangat efektif dan responsif. Akurasi sensor mencapai 98,4% hingga jarak 200 cm pada setiap sisi. Waktu respons komunikasi dalam kondisi statis (kendaraan diam) rata-rata 173,8 mikrodetik, dan dalam kondisi dinamis (kendaraan bergerak) rata-rata 174,2 mikrodetik. Latensi yang sangat rendah ini memastikan bahwa peringatan diberikan secara real-time, secara signifikan meningkatkan keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya dengan mengurangi risiko kecelakaan akibat titik buta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Sistem Komunikasi Antar Kendaraan (V2V), Titik Buta (Blind spot), ESP-NOW, Sensor Ultrasonik, Keselamatan Lalu Lintas. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21023086 21023086 |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:10 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:10 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |