AL GHIFARI, MUHAMMAD RAFI (2025) RANCANG BANGUN SISTEM KESELAMATAN PARKIR KENDARAAN BERDASARKAN LOKASI DAN KEMIRINGAN KENDARAAN BERBASIS INTERNET OF THINGS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21023080-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21023080-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (130kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21023080-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21023080-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21023080-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 5)
21023080-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (129kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21023080-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Parkir kendaraan di area miring berisiko menyebabkan kendaraan bergerak sendiri apabila tidak dalam kondisi aman, sehingga dapat menimbulkan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem keselamatan parkir berbasis Internet of Things (IoT) yang mampu memantau kemiringan dan lokasi kendaraan secara real-time, serta memberikan peringatan saat kendaraan terdeteksi bergerak dalam kondisi kontak mati. Sistem dikembangkan menggunakan metode waterfall dengan sensor MPU6050 untuk membaca kemiringan, GPS BN-220 untuk posisi dan kecepatan, serta sensor tegangan untuk mendeteksi status kontak ON/OFF. Mikrokontroler ESP32 menjadi pusat kendali yang menampilkan data pada layar TFT dan mengirim notifikasi ke Telegram. Alat ini memberikan peringatan saat kemiringan melebihi 17° atau kendaraan bergerak dalam kondisi kontak mati, disertai informasi lokasi yang dikirim secara otomatis ke Telegram. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem bekerja sesuai dengan fungsinya. Sensor kemiringan dan tegangan memiliki akurasi tinggi, dan GPS dapat memberikan data posisi yang konsisten dengan ambang batas kecepatan >5 km/jam. Validasi ahli menunjukkan tingkat kesesuaian sangat baik, dengan nilai 85% untuk aspek ketepatan dan efektivitas, serta 81% untuk potensi masalah. Sistem ini dinilai layak dan dapat dikembangkan lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21023080 21023080 |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:31 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:31 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |