OPTIMASI KINERJA BATERAI BUS LISTRIK LOW ENTRY MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)

ARDIYANTO, ACHMAD SYAFIQ ENDRA (2025) OPTIMASI KINERJA BATERAI BUS LISTRIK LOW ENTRY MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21023062_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21023062_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21023062_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21023062_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21023062_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21023062_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21023062_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja baterai pada bus listrik tipe low entry yang beroperasi di bawah pengelolaan PT Transportasi Jakarta. Dalam implementasinya, bus listrik menghadapi tantangan signifikan terutama terkait efisiensi konsumsi daya baterai, jarak tempuh, serta potensi kegagalan sistem baterai. Metode Fault Tree Analysis (FTA) digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis akar penyebab dari berbagai risiko teknis yang berpotensi menurunkan performa baterai. Penelitian dilakukan pada tiga model bus listrik, yaitu Skywell 12M LE, BYD 12M LE, dan SAG Golden Dragon 12M LE dengan objek pengamatan pada rute 4C (Pemuda Merdeka – Bundaran Senayan). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta analisis data operasional selama periode Desember 2024 hingga Februari 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa faktor utama yang mempengaruhi penurunan efisiensi baterai meliputi perilaku pengemudi, kondisi medan jalan, serta beban penumpang. Melalui metode FTA, risiko-risiko kritis berhasil diidentifikasi sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam perumusan strategi mitigasi untuk meningkatkan efisiensi energi, memperpanjang usia pakai baterai, serta menjaga keberlanjutan operasional bus listrik secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bus listrik, baterai, optimalisasi, Fault Tree Analysis (FTA), efisiensi energi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21023062 21023062
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:03
Last Modified: 29 Jul 2025 04:03
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3827

Actions (login required)

View Item View Item