AMRU, THEZAR (2025) ANALISIS PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PENGEMUDI ANGKUTAN UMUM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013115_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013115_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (141kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013115_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013115_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013115_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013115_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (178kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013115_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja terhadap kinerja pengemudi angkutan umum, dengan studi kasus pada pramudi Biskita Transpakuan di Kota Bogor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tuntutan kerja yang dihadapi pengemudi, yang berpotensi memengaruhi performa kerja dan keselamatan pada pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 108 pengemudi aktif. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, korelasi Pearson, dan regresi linear sederhana dengan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pengemudi. Uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan secara parsial. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,326 menunjukkan bahwa 32,6% variasi kinerja pengemudi dipengaruhi oleh beban kerja. Korelasi sebesar 0,942 menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan positif. Hasil regresi linear sederhana memperlihatkan bahwa peningkatan beban kerja, jika masih dalam batas wajar, akan diikuti oleh peningkatan kinerja. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi indikator-indikator utama beban kerja yang paling memengaruhi kinerja pengemudi, yaitu: kondisi pekerjaan, penggunaan waktu kerja, dan pencapaian target kerja. perlunya pengaturan beban kerja yang proporsional melalui evaluasi indikator-indikator beban kerja secara berkala, penyediaan waktu istirahat yang memadai, serta penerapan prosedur kerja yang realistis, guna menjaga kualitas layanan dan keselamatan transportasi umum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beban kerja, kinerja pengemudi, transportasi umum, Biskita Transpakuan, mobilitas perkotaan. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013115 21013115 |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:50 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:50 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |