PENINGKATAN PEMAHAMAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS DENGAN MEDIA PENDIDIKAN VIDEO ANIMASI UNTUK ANAK USIA SMA

YULIANTI, EKA MIFTA (2025) PENINGKATAN PEMAHAMAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS DENGAN MEDIA PENDIDIKAN VIDEO ANIMASI UNTUK ANAK USIA SMA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013071_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013071_SKRIPSI_BAB 1 .pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013071_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013071_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013071_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013071_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013071_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, khususnya pada kelompok usia remaja pelajar SMA, menjadi masalah serius yang dipengaruhi oleh rendahnya kesadaran dan pemahaman mengenai keselamatan berkendara. Kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor mendominasi kasus kecelakaan, dengan remaja sebagai kelompok yang paling rentan terlibat. Penggunaan media edukasi yang menarik dan efektif menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman keselamatan berlalu lintas, penelitian ini bertujuan untuk merancang video animasi sebagai media edukasi keselamatan berlalu lintas untuk siswa SMA, mengukur peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan media tersebut, dan menguji efektivitas media video animasi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation, sampel penelitian ini terdiri dari 78 siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Gondang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli mencapai 88-91%. Terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dari nilai rata-rata pre-test 53 poin menjadi 89 poin, dengan N-gain sebesar 0,77, yang menunjukkan efektivitas media ini dalam meningkatkan pengetahuan keselamatan berlalu lintas, video animasi ini efektif sebagai media edukasi keselamatan berlalu lintas yang dapat membantu menurunkan angka kecelakaan di kalangan pelajar SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Berlalu lintas, Video Animasi, Media Edukasi, Efektivitas Pembelajaran SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013071 21013071
Date Deposited: 11 Jul 2025 01:10
Last Modified: 11 Jul 2025 01:10
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item