RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK MEMPREDIKSI KERUSAKAN PADA BUS MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS WEB

SYIFA, MOHAMAD ZAINUS (2025) RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK MEMPREDIKSI KERUSAKAN PADA BUS MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS WEB. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21021046-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21021046-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21021046-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021046-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021046-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21021046-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21021046-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Suroboyo Bus merupakan salah satu moda transportasi umum yang beroperasi di Kota Surabaya dan memiliki peran penting dalam mengurangi kemacetan. Namun, bus masih sering mengalami kerusakan terutama pada saat jam operasional. Kondisi ini dapat mengganggu kelancaran layanan transportasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pakar berbasis website dengan menggunakan metode Naïve Bayes untuk membantu pengemudi dan pengawas dalam memprediksi jenis kerusakan pada bus berdasarkan gejala-gejala yang terjadi. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Data yang digunakan dalam pengembangan sistem diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Berdasarkan hasil pengujian BlackBox Testing, seluruh fitur sistem dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan output yang tepat. Pengujian System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor rata-rata sebesar 71,92 yang termasuk dalam kategori “Good”. Pengukuran kinerja sistem menunjukkan akurasi 100% pada 20 kasus uji yang sesuai dengan prediksi pakar. Dengan demikian, sistem pakar ini dinilai layak digunakan sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi kerusakan pada bus, sehingga dapat mempercepat proses penanganan kerusakan dan mendukung kelancaran operasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diagnosa Kerusakan, Naïve Bayes, Sistem Pakar, Website
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021046 21021046
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:28
Last Modified: 08 Jul 2025 01:28
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3597

Actions (login required)

View Item View Item