LAPORAN MAGANG 2 KESESUAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL SEGMENTASI ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI (AKAP) PERUM DAMRI YOGYAKARTA BERDASARKAN PM 98 TAHUN 2013

WIRAWAN, FENDYA AHSANI (2025) LAPORAN MAGANG 2 KESESUAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL SEGMENTASI ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI (AKAP) PERUM DAMRI YOGYAKARTA BERDASARKAN PM 98 TAHUN 2013. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21021013_MAGANG 2-ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21021013_MAGANG 2-BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21021013_MAGANG 2-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021013_MAGANG 2-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021013_MAGANG 2-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21021013_MAGANG 2-BAB 5.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21021013_MAGANG 2-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan Umum (Perum) DAMRI Yogyakarta merupakan penyedia jasa layanan transportasi angkutan umum untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Salah satu layanan utama yang disediakan adalah Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menghubungkan Kota Yogyakarta dengan kota-kota besar lainnya, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Denpasar,dan Surabaya. Layanan AKAP ini dirancang untuk memberikan solusi transportasi yang aman, nyaman, dan efisien bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh. Standar Pelayanan Minimal merupakan ukuran yang dibakukan dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebagai pedoman yang wajib ditaati dan dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan, dan menjadi pedoman bagi penerima pelayanan dalam proses pengajuan permohonan, serta sebagai alat kontrol masyarakat dan/atau penerima layanan atas kinerja penyelenggara pelayanan. Untuk mewujudkan hal tersebut penyediaan pelayanan publik tersebut harus disesuaikan dengan asas-asas umum pemerintah (Syafingi H. M., 2017). Perusahaan Umum (Perum) DAMRI Yogyakarta sebagai penyedia pelayanan publik yang berperan penting dalam menyediakan layanan transportasi wajib menyesuaikan standar pelayanannya sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 29 Tahun 2015. Penyesuaian ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan segmen yang diberikan memenuhi ekspektasi masyarakat dan mendukung terciptanya sistem transportasi yang berkualitas di Indonesia. Upaya untuk menyesuaikan standar pelayanan minimal juga berfungsi sebagai bentuk dukungan terhadap sistem pemerintah dalam meningkatkan kualitas transportasi publik. Dengan demikian, penting bagi Perum DAMRI Yogyakarta untuk meninjau dan menyesuaikan layanan agar selaras dengan PM 98 Tahun 2013, sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, memperkuat kepercayaan publik, dan mendorong keberlanjutan layanan transportasi yang lebih baik pada segmen Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PERUM DAMRI YOGYAKARTA,STANDAR,PELAYANAN,AKAP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021013 21021013
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:20
Last Modified: 07 Mar 2025 02:20
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item