IRFANI, MUHAMMAD RIFQI (2024) ANALISIS PEMBERLAKUAN SISTEM CONTRAFLOW TERHADAP KINERJA LALU LINTAS BRIGJEND SUDIARTO KOTA SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20011047-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (872kB) |
|
Text (BAB 1)
20011047-SKRIPSI-BAB 1.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 2)
20011047-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011047-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011047-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20011047-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (67kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011047-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (955kB) | Request a copy |
Abstract
Kota Semarang, sebagai kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, menghadapi tantangan signifikan terkait infrastruktur jalan yang tidak sebanding dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor. Hal ini menyebabkan kemacetan yang sering terjadi, terutama pada jam-jam sibuk. Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Kota Semarang menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL). Salah satunya pada ruas Jalan Brigjend Sudiarto, studi ini menganalisis dampak dari penerapan contraflow terhadap kinerja ruas di Jalan Brigjen Sudiarto. Pengumpulan data dilakukan pada periode tertentu di mana contraflow diterapkan dan tidak diterapkan, menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) sebagai dasar analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan contraflow secara signifikan mengurangi derajat kejenuhan lalu lintas pada arah barat sebesar 75% dengan penambahan satu lajur, sementara arah timur mengalami peningkatan derajat kejenuhan sebesar 50% karena pengurangan lajur untuk mengakomodasi arus kendaraan menuju pusat kota. Selain itu, studi ini juga menggambarkan perubahan pola arus lalu lintas di sekitar Jalan Brigjen Sudiarto sebagai akibat dari penerapan contraflow. Ditemukan bahwa jalur-jalur alternatif seperti Jalan Soekarno Hatta, Jalan Supriyadi, Jalan Gajah Raya, dan Jalan Lamper Tengah turut mempengaruhi distribusi lalu lintas di kota ini. Simulasi menunjukkan bahwa pelaksanaan contraflow berhasil mengurangi penumpukan kendaraan, memperlancar pergerakan lalu lintas, dan meningkatkan efisiensi perjalanan. Kesimpulannya, konsep contraflow telah terbukti efektif dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di Kota Semarang. Penelitian ini memberikan pandangan mendalam tentang implementasi serta dampak dari contraflow yang dapat menjadi pedoman bagi pengembangan kebijakan transportasi di kota-kota metropolitan lainnya di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semarang, Contraflow, Jalan Brigjend Sudiarto, Derajat Kejenuhan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Muhammad Rifqi Irfani |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:57 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:57 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3047 |
Actions (login required)
View Item |