KHASIANTO, KHOIRIN TOTOK (2024) ANALISIS ERGONOMI KURSI PENGEMUDI BUS MENGGUNAKAN METODE POSTURE EVALUATION INDEX (PEI) BERBASIS VIRTUAL ENVIRONMENT MODELLING BERDASARKAN ANTROPOMETRI PENGGUNA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20022079-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (804kB) |
|
Text (BAB 1)
20022079-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 2)
20022079-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20022079-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20022079-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20022079-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (102kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20022079-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu faktor penyebab kecelakaan bus adalah pengemudi yang mengalami kelelahan pada saat bekerja oleh karena itu pekerjaan mengemudi merupakan pekerjaan yang sangat berisiko tinggi mengalami kelelahan kerja atau disebut juga dengan muskuloskeletal disorder. Di PT.Dwi Raya Laksana yang dilakukan dengan cara wawancara dengan sampel 5 pengemudi didapatkan hasil bahwa saat mengemudi dalam perjalanan jauh sering mengalami kelelahan terutama dibagian punggung, tangan, kaki, dan leher yang disebabkan oleh tinggi kursi terlalu pendek dengan sopir sehingga peneliti melakukan penelitian tentang ergonomi kursi pengemudi dan merekomendasikan kursi perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode Posture Evaluation Index dimana metode merupakan suatu pengembangan dari fitur TAT yang ada di dalam software jack 8.4. Dari hasil penelitian ini menghasilkan penurunan nilai PEI dari desain kursi awal dan kursi perbaikan 1 adalah LBA sebesar 207, OWAS sebesar 1, RULA sebesar 0, dan nilai PEI sebesar 0,247 sedangkan perbandingan antara kursi awal dan kursi perbaikan 2 adalah LBA sebesar 327, OWAS sebesar 2, RULA sebesar 0, dan nilai PEI sebesar 0,517. Hasil dari percobaan desain perbaikan yang dapat direkomendasikan adalah desain kursi perbaikan pertama dengan spesifikasi tinggi kursi 140 cm, panjang alas 41,5 cm, 45,6 cm, tebal alas 15 cm, panjang senderan 82 cm, tebal senderan 8,8 cm, dan sudut kemiringan senderan 8 derajat. Adapun spesifikasi rekomendasi desain perbaikan yang kedua adalah tinggi kursi 140 cm, panjang alas 41,5 cm, 45,6 cm, tebal alas 15 cm, panjang senderan 81 cm, tebal senderan 9 cm, dan sudut kemiringan senderan 13 derajat.
Actions (login required)
View Item |