RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MEMBANTU PEMAHAMAN PROSEDUR MENYEBERANG JALAN 4T

JAELANI, FATIKAH ZAHRA (2024) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MEMBANTU PEMAHAMAN PROSEDUR MENYEBERANG JALAN 4T. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011040_SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 1)
20011040_SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 2)
20011040_SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011040_SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011040_SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011040_SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011040_SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rentannya anak-anak terhadap risiko luka atau meninggal dunia di jalan karena faktor lingkungan fisik jalan, perilaku dan keterampilan pejalan kaki sendiri. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality dengan tujuan untuk : 1) Mengetahui perancangan media pembelajaran; 2) Menganalisis peningkatan pemahaman siswa mengenai prosedur menyeberang jalan; dan 3) Mengetahui unsur materi yang paling dipahami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan 10 tahapan yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Produksi Masal. Sampel penelitian adalah 51 siswa kelas 6 SDN Jatirangga IV. Hasil yang diperoleh yaitu : 1) Perancangan scene virtual reality terkait prosedur menyeberang jalan 4T divalidasi oleh ahli materi (88%) dan ahli media (92,5%); 2) Terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan dari rata-rata pre test (56,5) dan post test (89,1), dibuktikan melalui paired t-test dengan nilai Sig 0,000<0,05 bahwa terdapat perbedaan pemahaman mengenai prosedur menyeberang jalan 4T sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media virtual reality. Melalui pengamatan perilaku, siswa mendapatkan nilai rata-rata 83,4 dengan kategori Sangat Baik; 3) Siswa menunjukkan bahwa unsur materi yang dominan diingat dan dipraktikkan yaitu tahapan pertama dari prosedur menyeberang jalan 4T ”Tunggu Sebentar”. Sedangkan dari hasil post test, secara keseluruhan siswa memahami tentang bahayanya bermain-main di pinggir jalan. Rekomendasi yang diberikan berupa pengembangan tampilan VR yang dinamis dan penerapan assessment perilaku siswa di jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, media pembelajaran, 4T, menyeberang jalan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: FATIKAH ZAHRA JAELANI
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:04
Last Modified: 25 Jul 2024 04:04
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item