RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAUAN DAN KONTROL KUALITAS UDARA OTOMATIS PADA BENGKEL OTOMOTIF BERBASIS APLIKASI BLYNK

SINAGA, AFFAN FARROS (2024) RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAUAN DAN KONTROL KUALITAS UDARA OTOMATIS PADA BENGKEL OTOMOTIF BERBASIS APLIKASI BLYNK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20021035-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (973kB)
[img] Text (BAB 1)
20021035-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 2)
20021035-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20021035-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20021035-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20021035-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (69kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20021035-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan kerja bengkel otomotif sering kali dihadapkan pada tantangan kualitas udara akibat emisi gas berbahaya seperti karbon monoksida (CO) yang dihasilkan dari mesin kendaraan bermotor. Paparan jangka panjang terhadap CO dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk keracunan dan kematian, sementara kekurangan oksigen (O2) dalam ruangan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya. Penggunaan exhaust fan yang dapat diatur kecepatannya berdasarkan kandungan CO dan O2 di udara dapat membantu mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem pemantauan dan kontrol kualitas udara berbasis aplikasi Blynk untuk meningkatkan keselamatan di bengkel otomotif. Alat ini menggunakan modul Wemos D1 berbasis Wi-Fi ESP8266 sebagai mikrokontroler untuk mengumpulkan dan memproses data dari sensor MQ-7 yang mendeteksi konsentrasi CO dan sensor DFRobot Gravity: I2C Oxygen Sensor yang mengukur volume O2. Exhaust fan yang diaktifkan relay digunakan sebagai output keselamatan, dengan kecepatan yang disesuaikan berdasarkan kategori konsentrasi CO dan volume O2 untuk meningkatkan ventilasi dan mengurangi risiko paparan gas berbahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ini berhasil mendeteksi dan mengontrol konsentrasi CO dan O2 sesuai kategori kualitas udara yang ditetapkan. Kalibrasi sensor menunjukkan error rata-rata sebesar 0,01% untuk CO dan 0,01% untuk O2, menandakan akurasi yang tinggi. Pengujian di bengkel otomotif menunjukkan penurunan kadar CO dari 10-28,3 PPM sebelum penerapan alat menjadi 6-16,3 PPM setelahnya, sementara volume O2 tetap stabil di 19,5-22,3%. Alat ini tidak hanya berhasil meningkatkan kualitas udara tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan keselamatan mekanik dan pelanggan bengkel serta mengurangi konsumsi daya listrik akibat penggunaan fan yang terus-menerus menyala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemantauan Kualitas Udara, Karbon Monoksida, Oksigen, Exhaust Fan Otomatis, Blynk
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20021035 20021035
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:59
Last Modified: 18 Jul 2024 06:59
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item