IDENTIFIKASI KEBOCORAN PADA SISTEM REM PNEUMATIK DENGAN METODE SIGNAL PROCESSING

LAZUARDI, WILDAN SURYA (2024) IDENTIFIKASI KEBOCORAN PADA SISTEM REM PNEUMATIK DENGAN METODE SIGNAL PROCESSING. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20021060_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (842kB)
[img] Text (BAB I)
20021060_SKRIPSI_BAB I.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB II)
20021060_SKRIPSI_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
20021060_SKRIPSI_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
20021060_SKRIPSI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
20021060_SKRIPSI_BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20021060_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia, kecelakaan bus dan truk akibat kegagalan sistem pengereman memiliki tingkat fatalitas yang tinggi, terutama disebabkan oleh kebocoran pada sistem rem pneumatik yang mengakibatkan penurunan tekanan udara secara signifikan. Penelitian ini mengkaji pengaruh variasi luas penampang kebocoran terhadap dinamika tekanan dalam sistem rem pneumatik, dengan tekanan awal 4 bar dan 6 bar. Analisis statistik deskriptif dilakukan pada pengukuran tekanan untuk luas penampang kebocoran 0.00000019625 m2, 0.000000785 m2, 0.00000314 m2, 0.000007065 m2, dan 0.00001256 m2, menunjukkan hubungan langsung antara ukuran kebocoran dan tekanan rata-rata yang dicatat. Analisis skewness menunjukkan bahwa kebocoran yang lebih kecil menghasilkan distribusi data yang condong ke arah positif, sedangkan kebocoran yang lebih besar menyebabkan skewness negatif. PDF (Probability Density Function) dari tekanan menunjukkan perubahan distribusi yang signifikan dengan bertambahnya luas penampang kebocoran. Untuk menentukan ambang batas kebocoran yang dapat diantisipasi oleh sistem rem, laju penurunan tekanan akibat kebocoran dibandingkan dengan laju pengisian udara bertekanan oleh kompresor. Penelitian ini menegaskan bahwa kebocoran yang lebih besar secara signifikan mempengaruhi stabilitas tekanan, terutama pada tekanan awal yang lebih tinggi, menunjukkan sensitivitas sistem yang lebih tinggi terhadap ukuran kebocoran di bawah tekanan operasional yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebocoran, Sistem Rem Pneumatik, Tekanan, Signal Processing
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Mr Wildan Surya Lazuardi
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:36
Last Modified: 16 Jul 2024 01:36
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2756

Actions (login required)

View Item View Item