ANALISIS EFEKTIVITAS LAMPU STROBO DALAM MENINGKATKAN KEWASPADAAN DI JALAN TOL (Studi Kasus : Jalan Tol Cikopo - Palimanan)

FIRMANSYAH, TENGKU HASTA (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS LAMPU STROBO DALAM MENINGKATKAN KEWASPADAAN DI JALAN TOL (Studi Kasus : Jalan Tol Cikopo - Palimanan). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011028_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20011028_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB 2)
20011028_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011028_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011028_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011028_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (101kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011028_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Astra Tol Cipali mencatat 1644 kecelakaan di Jalan Tol Cikopo - Palimanan, terutama terjadi pada jam 00.00-05.59 WIB disebabkan oleh pengemudi mengantuk dan kurang antisipasi. Hal ini menekankan pentingnya kesadaran pengemudi di jalan tol, terutama pada waktu rawan. Salah satu solusi yang diusulkan adalah pemasangan lampu strobo pada titik-titik rawan, khususnya di malam hari atau kondisi minim pencahayaan. Dari permasalahan tersebut, penelitian dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas lampu strobo dalam meningkatkan kewaspadaan di jalan tol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif non-probability sampling dengan penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling dan metode slovin. Sampel penelitian adalah kendaraan yang melintasi ruas jalan Tol Cikopo Palimanan sebanyak 60 kendaraan dan rest area KM 102 A ruas Jalan Tol Cikopo – Palimanan sebanyak 92 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan survei kecepatan sesaat dan metode Google Form yang telah dilakukan uji validitas dan realibilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan N-Gain Score untuk mengetahui tingkat efektivitas lampu strobo terhadap kecepatan kendaraan di Jalan Tol Cikopo – Palimanan dan persepsi pengemudi terhadap pemasangan lampu strobo dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisis pemasangan lampu strobo mendapat hasil nilai N-Gain pada kendaraan ringan yaitu 1,58 > 0,7 yang mana dapat dikategorikan Tinggi dan N�Gain dalam persen yaitu 157,69% yang mana dapat ditafsirkan Efektif. Sedangkan nilai N-Gain kendaraan bus yaitu -1,00 ≤ -1,58 ≤ dan N-Gain dalam persen yaitu -157,63% yang mana dapat ditafsirkan Tidak Efektif. Dan untuk nilai N-Gain rata�rata pada kecepatan kendaraan Truk yaitu -1,00 ≤ -0,08 ≤ N-Gain dalam persen yaitu -7,74% yang mana dapat ditafsirkan Tidak Efektif. Persepsi pengemudi pemasangan lampu strobo pada median jalan tol sebagai alat pemberi peringatan terhadap pengemudi efektif dalam meningkatkan kewaspadaan dan dapat mencegah mengantuk pada pengemudi ketika melintasi jalan tol pada malam hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, Lampu Strobo, Jalan Tol cikopo – Palimanan, Uji N-Gain, Persepsi Pengemud
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 20011028 20011028
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:52
Last Modified: 12 Jul 2024 06:52
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item