DAMPAK PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN TEMBAGA DAN KUNINGAN TERHADAP EMISI GAS BUANG SERTA PERFORMA PADA SUZUKI CARRY CARRETA 1.0

RAHARJO, IVAN (2024) DAMPAK PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN TEMBAGA DAN KUNINGAN TERHADAP EMISI GAS BUANG SERTA PERFORMA PADA SUZUKI CARRY CARRETA 1.0. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20021022-SKRIPSI-Abstrak.pdf

Download (807kB)
[img] Text (BAB 1)
20021022-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 2)
20021022-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20021022-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20021022-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20021022-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20021022-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan transportasi di Indonesia semakin meningkat, salah satu peningkatan tersebut ditandai dengan pertumbuhan kendaraan khususnya di kota-kota besar. kendaraan dengan bahan bakar bensin masih banyak digunakan oleh Masyarakat. Penggunaan kendaraan bahan bakar bensin akan menghasilkan emisi gas buang yang akan berdampak terhadap penurunan kualitas udara. Salah satu pengendalian untuk mengurangi emisi gas buang yaitu penambahan catalytic converter pada pipa gas buang. Umumnya catalytic converter terbuat dari bahan Pt, Pd, dan Rh yang memiliki kualitas tinggi serta harga yang mahal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan catalytic converter terhadap emisi gas buang dan performa mesin. catalytic converter menggunakan bahan tembaga dan kuningan. Pengujian emisi gas buang dengan variasi putaran idle, 1000, 2000, 3000, 4000, dan 5000 yang dilakukan menggunakan alat uji gas analyzer. Pengujian performa dilakukan dengan pengukuran torsi dan daya kendaraan yang dilakukan di alat uji Dynotest. Pengujian dilakukan menggunakan kendaraan Suzuki carry carreta 1.0 tahun pembuatan 1995. Hasil pengujian dengan penambahan teknologi catalytic converter dapat menurunkan emisi gas buang dan performa mesin. Penurunan emisi gas buang CO paling optimal pada putaran 2000 rpm yaitu sebesar 51%, sedangkan HC paling optimal pada putaran idle sebesar 71%. Rata-rata prosentase penurunan emisi gas buang CO dan HC yaitu 11% dan 10%. Sedangkan untuk prosentasi penurunan performa kendaraan berupa torsi sebesar 50% dan daya mesin 46%, dengan nilai maksimum torsi dan daya, sebesar 38,59 Nm/2000 rpm dan 28,28 ps/4300 rpm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20021022 20021022
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:28
Last Modified: 15 Jul 2024 04:28
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2738

Actions (login required)

View Item View Item