ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN ADBLUE UNTUK MEMENUHI EMISI GAS BUANG STANDAR EURO 4 PT HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA (Studi kasus: Medium Duty Truck Hino FM2P)

ASTITI, ASTITI (2024) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN ADBLUE UNTUK MEMENUHI EMISI GAS BUANG STANDAR EURO 4 PT HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA (Studi kasus: Medium Duty Truck Hino FM2P). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20022064-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
20022064-SKRIPSI-BAB-1.pdf

Download (910kB)
[img] Text (BAB II)
20022064-SKRIPSI-BAB-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
20022064-SKRIPSI-BAB-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
20022064-SKRIPSI-BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
20022064-SKRIPSI-BAB-5.pdf

Download (929kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20022064-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan niaga, seperti truk, memegang peran vital dalam perekonomian suatu negara dengan menyediakan distribusi barang dan jasa. Namun, truk juga menjadi penyumbang utama polusi udara yang terdiri dari nitrogen oksida (NOx), hidrokarbon (HC), dan karbon monoksida (CO). Pemerintah Indonesia mengeluarkan regulasi standar emisi EURO 4, yang diadopsi oleh PT Hino Motors Manufacturing Indonesia melalui teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan penggunaan AdBlue. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja AdBlue dalam menurunkan emisi gas buang pada truk Medium Duty Hino FM2P dan dampaknya terhadap torsi dan Daya melalui pendekatan kualitatif. Hasil uji menunjukkan bahwa AdBlue efektif mengurangi emisi gas buang pada sebagian besar mesin yang diuji. Penggunaan AdBlue signifikan menurunkan opasitas gas buang pada mesin P11CWNJ11051 dan P11CWNJ11050. Namun, terdapat anomali pada mesin P11CWNJ11047 yang justru mengalami peningkatan opasitas saat menggunakan AdBlue, menandakan perlunya investigasi lebih lanjut. Secara keseluruhan, AdBlue membantu mesin diesel mencapai standar emisi lebih ketat tanpa mengorbankan daya dan torsi signifikan, asalkan sistem dan penggunaan AdBlue dikelola dengan baik. Penurunan emisi gas buang yang dihasilkan membuktikan efektivitas AdBlue dalam mengurangi polutan berbahaya. Namun, penting untuk melakukan pemeliharaan rutin, pemantauan kualitas AdBlue, dan penyesuaian sistem SCR untuk memastikan manfaat maksimal. Penelitian lanjutan diperlukan untuk menyempurnakan teknologi ini dan mengatasi anomali yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: AdBlue, Emisi Gas Buang, Hino FM2P
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20022064 20022064
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:44
Last Modified: 11 Jul 2024 04:44
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item