PEMANFAATAN SERBUK KAYU MAHONI DAN SERAT DAUN NANAS SEBAGAI KOMPOSIT KAMPAS REM CAKRAM SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS)

JUNIOR, GENAR SABHARA (2024) PEMANFAATAN SERBUK KAYU MAHONI DAN SERAT DAUN NANAS SEBAGAI KOMPOSIT KAMPAS REM CAKRAM SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20022074_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text (BAB 1)
20022074_SKRIPSI_BAB_1.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2)
20022074_SKRIPSI_BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20022074_SKRIPSI_BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20022074_SKRIPSI_BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20022074_SKRIPSI_BAB_5.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20022074_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produksi kendaraan di Indonesia khususnya sepeda motor mengalami peningkatan yang cukup pesat. Dengan peningkatan ini risiko kecelakaan semakin meningkat. Sistem pengereman menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan. Sistem pengereman dirancang untuk memperlambat kecepatan dan menghentikan kendaraan. Sistem rem terdiri dari beberapa komponen, salah satunya kampas rem. Kampas rem terdiri dari 2 jenis yaitu kampas rem asbestos dan non asbestos. Kampas rem bahan asbestos harus diganti dengan bahan non asbestos yang lebih ramah lingkungan karena bahan asbestos dapat menimbulkan karsinogenik yang dapat membahayakan kesehatan. Maka dari itu dilakukan pemanfaatan serbuk kayu mahoni dan serat daun nanas sebagai komposit kampas rem. Bahan-bahan lainnya seperti serbuk alumunium (Al), Magnesium Oksida (MgO), dan resin epoxy. Semua bahan tersebut dicampur lalu dimasukkan kedalam cetakan dan dipress menggunakan Ms. Hotpress dengan suhu 180oC. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan membuat 3 spesimen kampas rem dengan komposisi yang berbeda. Setelah itu, dilakukan pengujian kekerasan, keausan, ketahanan panas, koefisien gesek, massa jenis, dan kinerja pengereman. Dari uji yang dilakukan didapatkan nilai kekerasan tertinggi 8,9 HB pada spesimen 3. Nilai keausan terbaik sebesar 1,36 x 10-6mm2/kg pada spesimen 2. Untuk uji ketahanan panas spesimen 2 dan 3 sudah memenuhi standart SAE J661 karena tidak mengalami kerusakan struktur. Nilai koefisien gesek terbaik sebesar 0,660 pada spesimen 2. Nilai massa jenis terbaik sebesar 1,56 gr/cm3 pada spesimen 2. Untuk uji kinerja pengereman semua spesimen sudah memenuhi standart dan nilai perlambatannya sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kampas Rem, Asbestos, Non Asbestos, Serbuk Kayu Mahoni, Serat Daun Nanas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20022074 20022074
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:52
Last Modified: 09 Jul 2024 06:52
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item