ZAIN, NAUFAL RIZQI (2024) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN PIGGYBACK TERHADAP PERFORMA AKSELERASI KENDARAAN DAN EMISI GAS BUANG PADA MESIN MOBIL BENSIN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20021050-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (946kB) |
|
Text (BAB 1)
20021050-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 2)
20021050-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20021050-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20021050-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20021050-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (118kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20021050-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan keluaran lama cenderung mengalami penurunan performa mesin dan memiliki tingkat emisi gas buang CO dan HC yang tinggi. Untuk meningkatkan performa akselerasi mobil sekaligus untuk mengurangi emisi gas buang dapat dilakukan dengan menambahkan piggyback. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan piggyback terhadap performa akselerasi kendaraan dan emisi gas buang mesin mobil bensin. Penggunaan piggyback mode performa memiliki waktu paling cepat untuk mencapai puncak daya mesin 109,95 HP pada 7,79 detik dan puncak torsi 169,86 Nm pada 5,34 detik. Tanpa penggunaan piggyback mencapai puncak daya 111,58 HP pada 8,27 detik dan puncak torsi mesin 169,40 Nm pada 5,64 detik. Penggunaan piggyback mode ekonomis menghasilkan waktu paling lambat untuk mencapai puncak daya 108,32 HP pada 8,77 detik dan puncak torsi 161,85 Nm pada 5,83 detik. Penggunaan piggyback mode performa menghasilkan peningkatan performa kecepatan paling tinggi dari ketiga mode uji mencapai kecepatan maksimal sebesar 101,43 km/jam dengan waktu 15 detik. Pengujian dengan tanpa penggunaan piggyback menghasilkan peningkatan kecepatan lebih rendah dari mode performa dengan kecepatan maksimal sebesar 91,38 km/jam. Penggunaan piggyback mode ekonomis menghasilkan peningkatan kecepatan paling rendah dari ketiga mode uji diperoleh kecepatan maksimal sebesar 79,25 km/jam. Penggunaan piggyback mempengaruhi hasil uji emisi gas buang CO dan HC. Hasil emisi CO dan HC terendah didapat dengan penggunaan piggyback mode ekonomis pada tiap variasi putaran mesin dari 3 mode uji dengan nilai paling rendah pada 2000 RPM dengan kadar emisi CO sebesar 0,58 % dan HC sebesar 125 ppm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | piggyback, performa akselerasi kendaraan, daya, torsi, emisi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 20021050 20021050 |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:31 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:31 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2683 |
Actions (login required)
View Item |