LAPORAN MAGANG II DI PT.DWI RAYA LAKSANA

PRAYOGA, ERLANG and ZAENURI, KHOIRUDDIN and KHASIANTO, KHOIRIN TOTOK and PRATAMA, WIJAYA EKA (2024) LAPORAN MAGANG II DI PT.DWI RAYA LAKSANA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img] Text (ABSTRAK)
20021015_20021039_20021059_20022079-MAGANG2-ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text (BAB 1)
20021015_20021039_20021059_20022079-MAGANG2-BAB_1.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 2)
20021015_20021039_20021059_20022079-MAGANG2-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20021015_20021039_20021059_20022079-MAGANG2-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20021015_20021039_20021059_20022079-MAGANG2-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20021015_20021039_20021059_20022079-MAGANG2-BAB_5.pdf

Download (63kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20021015_20021039_20021059_20022079-MAGANG2-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) merupakan salah satu sekolah kedinasan dengan latar pendidikan vokasi di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP). Teknologi Rekayasa Otomotif (TRO) merupakan salah satu program studi di PKTJ yang memiliki program magang 2 yang dilaksanakan di semester 8 pada tahun pelajaran 2023/2024. PT.Dwi Raya Laksana merupakan salah satu Perusahaan Otobus (PO) tertua di Indonesia berlokasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah yang didirikan awalnya pada tahun 1959 dengan bisnis truk yang berubah melayani bus malam pada tahun 1982. PT.Dwi Raya Laksana telah melayani berbagai jenis trayek dengan tujuan disejumlah kota besar di Indonesai dengan bermacam jenis ukuran dan desain bus yang bervariasi, mulai dari bus antar kota dalam provinsi (AKDP), bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus pariwisata. Dasar pelaksanaan proses pelayanan yang dilakukan oleh Perusahaan Otobus mengacu pada PM 85 Tahun 2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum yang menyatakan bahwa Perusahaan Angkutan Umum wajib membuat, melaksanakan, dan menyempurnakan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum dengan berpedoman pada RUNK. Hasil identifikasi pada 10 elemen Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum (SMK PAU) di PT. Dwi Raya Laksana berdasarkan Peraturan Dirjen Hubdat Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penilaian SMK PAU didapatkan bahwasanya masih banyak elemen – elemen yang belum dilengkapi oleh perusahaan. Walaupun, beberapa sudah dilakukan penerapan dan pelaksanaan dilapangan. Namun, belum dilakukan dokumentasi dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada. Selain itu, penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada perusahaan, khususnya saat perbaikan dan perawatan armada masih belum maksimal. Adanya beberapa kejadian kecelakaan kerja bersifat minor yang dialami oleh para pegawai. Hal tersebut disebabkan karena kurang perhatiannya para pegawai dalam menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat bertugas dilapangan. Selain itu, Standar Operasioal Prosedur (SOP) yang ada dari perusahaan masih kurang dan belum terakomodasi dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PT.DWI RAYA LAKSANA, K3, SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN ANGKUTAN UMUM, SMK PAU
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20022079 20022079
Date Deposited: 03 May 2024 03:30
Last Modified: 03 May 2024 03:30
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item