MATWAAN, SONIA PATRICIA (2021) ANALISIS PENERAPAN JALUR SEPEDA(POP-UP BIKE LANE) DI JAKARTA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010475_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (731kB) |
|
Text (BAB 1)
17010475_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 2)
17010475_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text (BAB 3)
17010475_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Text (BAB 4)
17010475_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
17010475_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (377kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010475_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kebijakan jalur sepeda Pop-up bike lane yang diterapkan di DKI Jakarta pada jalan Jenderal Sudirman- MH Thamrin sepanjang 11,2 km yang dibangun sepanjang kedua jalan ini yang sudah diterapkan sejak tahun 2019. Lebar jalur sepeda tersebut sebesar 1 meter berada pada badan jalan namun penerapan jalur sepeda ini masih kurang efektif dikarenakan banyaknya kendaraan bermotor yang melalui jalan ini sehingga berdesakan dengan pengguna sepeda bukan hanya itu pengguna kendaraan bermotor seringkali menggunakan jalur sepeda kurangnya pengguna sepeda dengan tujuan berolahraga (car free day). Tujuan penelitian yaitu untuk mengidentifikasi kondisi dan pemanfaatan jalur sepeda sekaligus menganalisis tingkat keefektifan jalur sepeda yang berada pada jalan Jenderal Sudirman sampai dengan jalan MH Thamrin kota Jakarta.Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis Bicycle Level Of Service (BLOS) BLOS adalah ukuran tingkat kenyamanan on-road bicyclist yang digunakan secara nasional sebagai fungsi geometrik dan kondisi lalu lintas di jalan raya. Hasil penelitian dengan menggunakan BLOS pada jalan Jenderal Sudirman hari senin jumat dan sabtu mendapatkan nilai BLOS “F” yang mana nilai ini lebih dari 5,5 artinya jalur sepeda ini tidak aman untuk pesepeda kecuali pada hari jumat jam 06.00-08.00 nilai BLOS “D” artinya lingkungan kurang untuk sepeda dengan jumlah kendaraan 2211 kendaraan/jam dan pada Jalan MH Thamrin mendapatkan nilai BLOS “F” yang mana memiliki nilai yang didominasi oleh huruf “F” yang artinya jalur tersebut tidak cocok untuk pesepeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DKI Jakarta,Jalur Sepeda,BLOS,Efektifitas |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Admin TRO |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 01:02 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 01:02 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2274 |
Actions (login required)
View Item |