ALHADI, LUTFI SOFYAN (2020) PENILAIAN SISTEM KINERJA TERHADAP PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BUS PADA TRANS JATENG MENGGUNAKAN METODE MAINTENANCE SCORECARD. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16020142_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB 1)
16020142_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (60kB) |
|
Text (BAB 2)
16020142_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text (BAB 3)
16020142_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
Text (BAB 4)
16020142_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
16020142_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (59kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16020142_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) |
Abstract
Pada bulan Januari sampai bulan Mei tahun 2020 terdapat 280 kasus kendaraan keluar masuk bengkel guna melakukan pemeliharaan dan perbaikan. Dalam hal ini dapat memperlambat perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan sehingga dibutuhkan beberapa aspek yang dapat mempengaruhi kinerja agar optimal terutama dari segi pemeliharaan dan perbaikan. Hal inilah yang melatarbelakangi perlunya dibuat konsep mengenai penilaian sistem kinerja terhadap pemeliharaan dan perbaikan bus menggunakan metode maintenance scorecard yang nantinya dijadikan indikator KPI sebagai pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi perawatan bus berdasarkan analisis SWOT. Pemeliharaan dan perawatan bus berdasarkan model MSC dengan cara menggunakan indikator KPI dari tujuan Hirarki MSC yang nantinya digunakan untuk mengukur efektifitas kinerja di MOS BRT Trans Jateng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan bendekatan kuantitatif yaitu dengan mengkonversikan data mentah menjadikan informasi untuk pengambilan keputusan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan score pada Analisis SWOT untuk faktor internal -0,17 dan 0,44 untuk faktor eksternal sehingga pemeliharaan dan perbaikan MOS Trans Jateng berada pada kuadran III. Perusahaan dapat dikatakan mengalami kelemahan dalam berbagai hal Internal, sehingga peluangnya sulit untuk dicapai. Sedangkan model MSC menghasilkan 26 KPI dari 3 aspek penurunan Hirarki maintenance scorecard.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemeliharaan, Perawatan, Kinerja, MSC dan KPI |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Admin TRO |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:35 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:35 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2259 |
Actions (login required)
View Item |