ANALISA TINGKAT RISIKO KELELAHAN PADA PENGEMUDI TRUCK TRAILER

OP, FATHAN HUSNA (2020) ANALISA TINGKAT RISIKO KELELAHAN PADA PENGEMUDI TRUCK TRAILER. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16020138_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (714kB)
[img] Text (BAB 1)
16020138_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2)
16020138_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB 3)
16020138_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB 4)
16020138_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB 5)
16020138_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16020138_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Kebutuhan akan moda transportasi di Indonesia cenderung meningkat dengan pesat, hal ini terbukti dengan jumlah kendaraan bertambah banyak setiap tahunnya, kelelahan adalah penyebab utama kecelakaan yang melibatkan pengemudi kendaraan berat, salah satunya adalah truk, Jumlah kecelakaan Truck menurut data dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat tahun 2018, selama lima tahun terakhir terdapat sekitar 278.720 kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya dengan tingkat pertumbuhan kecelakaan sebesar 0,6% (Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,2018). Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian analisis tingkat risiko pada pengemudi truk trailer ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya kelelahan dan menganalisis tingkat risiko kelelahan, agar nantinya dapat ditemukan pengendalian yang tepat. Peneliti sebelumnya yang telah dilakukan oleh Meutia Reza Syahlefi (2014) dengan penelitian faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Pengemudi Bus di CV. Makmur Medan, dengan menggunakan metode survei analitik dengan menggunakan desain Cross Sectional menggunakan data primer (kuesioner). Penelitian yang diusulkan Analisis tingkat risiko kelelahan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan dihitung dengan mengalikan nilai consequence dan nilai likelihood. Variabel yang diteliti oleh peneliti adalah durasi kerja, lingkungan kerja, beban kerja, waktu istirahat, kondisi fisik, dan gangguan tidur. Setiap variabel dilakukan identifikasi bahaya kelelahan dan dilakukan analisis tingkat risiko kelelahan. Identifikasi risiko dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara dengan pengemudi. Menurut hasil identifikasi bahaya dan analisis risiko dapat disimpukan bahwa berdasarkan kondisi fisik, gangguan tidur, kuantitas tidur, waktu istirahat, lingkungan kerja, beban kerja, dan durasi kerja sangat berkontribusi terhadap timbulnya kelelahan pada pengemudi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelelahan pengemudi truk, tingkat risiko kelelahan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:35
Last Modified: 11 Dec 2023 09:35
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item