ISKANDAR, AGI NISBA (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKUBERSEPEDA PADA ERA NEW NORMAL DI KOTA SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010360_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (573kB) |
|
Text (BAB 1)
17010360_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB 2)
17010360_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text (BAB 3)
17010360_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
|
Text (BAB 4)
17010360_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
|
Text (BAB 5)
17010360_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (155kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010360_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya jumlah pesepeda yang terjadi pada era new normal atau dikenal dengan bike boom di Indonesia menimbulkan efek positif dan negatif. Peningkatan jumlah pesepeda tidak diiringi dengan pemahaman masyarakat dalam berlalulintas di jalan. Menurut data Bike To Work dari bulan januari sampai juni 2020, kecelakaan lalulintas yang melibatkan pesepeda sebesar 58% dan 17 pesepeda diantaranya meninggal. Hal ini yang melatarbelakangi penulis dalam menyusun penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pesepeda di Kota Surabaya dan pengaruh pemahaman peraturan serta pengaruh protokol kesehatan new normal terhadap perilaku bersepeda di Kota Surabya. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner yang terdiri dari 59 pertanyaan dan disebar di Kota Surabaya. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna sepeda di Kota Surabaya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Struktural Equation Model (SEM) dengan bantuan program smartPLS 3. Berdasarkan hasil pengolahan data, karakteristik pesepeda di kota Surabaya baik pemula maupun profesional sudah memahami tata tertib seperti rambu, larangan dan syarat teknis sesuai Permenhub nomor 59 tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Pengaruh variabel pemahaman peraturan terhadap perilaku bersepeda berdasarkan data yang didapatkan adalah nilai original sample estimate dan path coefficient sebesar 0,219 dan 0,316 yang menunjukan bahwa arah hubungan positif dan nilai T-statistik sebesar 4,113 > T-tabel (1,96) menunjukan hubungan yang signifikan. Pengaruh variabel protokol kesehatan terhadap perilaku bersepeda berdasarkan data yang didapatkan adalah nilai original sample estimate dan path coefficient sebesar 0,278 dan 0,40 yang menunjukan bahwa arah hubungan positif dan nilai T-statistik sebesar 4,413 > T-tabel (1,96) menunjukan hubungan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sepeda, Perilaku, New Normal, SEM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 08:11 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 08:11 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2153 |
Actions (login required)
View Item |