MURDIYANTO, FANDY (2017) ANALISIS PEMBOBOTAN KRITERIA PELAYANAN TERMINAL TIPE B JAWA TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) ( STUDI KASUS TERMINAL KAB. DEMAK DAN TERMINAL KAB. BANJARNEGARA ). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
13010140_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (645kB) |
|
Text (BAB 1)
13010140_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2)
13010140_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
Text (BAB 3)
13010140_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
|
Text (BAB 4)
13010140_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
13010140_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
13010140_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
Abstract
Pelayanan yang wajib disediakan dan dilaksanakan oleh penyelenggara terminal penumpang angkutan jalan yang mencakup keselamatan, keamanan, kehandalan/keteraturan, kenyamanan, kemudahan/keterjangkauan, dan kesetaraan. Namun belum terdapat suatu pembobotan dari tiap tiap kriteria. Kriteria pelayanan yang ada hanya berupa penjelasan deskriptif dari masing masing kriteria tanpa ada suatu prosentase pembobotan. Prosentase pembobotan berfungsi untuk menilai suatu pelayanan yang menghasilkan nilai dan kategori nilai tertentu. Nilai prosentase dari masing masing kriteria bisa digunakan untuk melakukan penilaian dengan memasukan perhitungan matematis terhadap hasil pembobotan kriteria penilaian. Metode yang digunakan untuk pembobotan kriteria pelayanan adalah menggunakan metode AHP. Metode tersebut berfungsi menetukan prioritas kriteria berdasarkan data responden yang menghasilkan sebuah angka prosentase. Selain AHP juga digunakan Rating Scale yang berfungsi sebagai alat untuk menentukan skoring pada lokasi yang dijadikan uji coba prerhitungan pembobotan AHP. Hasil pembobotan menunjukan kriteria keselamatan sebesar 33%, kriteria pelayanan keamanan sebesar 26%, kriteria pelayanan kehandalan/keteraturan sebesar 16%, kriteria pelayanan kenyamanan sebesar 10%, kriteria pelayanan kemudahan/keterjangkauan sebesar 8%, dan kriteria pelayanan kesetaraan sebesar 7%. Sementara hasil penerapan prosentase pembobotan yang digunakan untuk menilai pelayanan terminal Demak adalah 43% atau kategori KURANG dan 73,5% atau kategori BAIK untuk terminal Banjarnegara
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AHP, pelayanan, Rating Scale, terminal |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 02:53 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 02:53 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1874 |
Actions (login required)
View Item |