PUTRI, CLARISA WIDYA (2023) ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS SERTA TUNDAAN PADA SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE DAN GAP ACCEPTANCE (STUDI KASUS: SIMPANG TIGA DEKAT PT. TOHITINDO MULTICRAFT INDUSTRIES, RUAS JALAN RAYA SIDOREJO KABUPATEN SIDOARJO). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19010597-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (757kB) |
|
Text (BAB 1)
19010597-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (392kB) |
|
Text (BAB 2)
19010597-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19010597-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19010597-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19010597-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (390kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19010597-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Konflik lalu lintas merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada persimpangan. Konflik lalu lintas diakibatkan oleh meningkatnya volume lalu lintas pada kawasan tersebut. Hal ini terkadang juga diperparah oleh pengendara yang melakukan putar balik pada bukaan median di persimpangan. Selain volume lalu lintas, konflik juga dipengaruhi oleh lama pengendara saat memutuskan waktu gap (selang waktu) aman saat melalui simpang, sehingga dapat terjadi kemacetan seperti pada simpang tiga tak bersinyal dekat PT. Tohitindo Multicraft Industries di Jalan Raya Sidoarjo. Banyaknya kecelakaan menjadikan potensi bahaya konflik pada simpang ini sangatlah tinggi, sehingga pihak Kepolisian telah menetapkan kawasan tersebut sebagai DRK (Daerah Rawan Kecelakaan) dan harus segera dilakukan penanganan. Metode yang digunakan dalam penanganan tersebut yaitu dengan melihat kondisi eksisting serta mengananlisis konflik lalu lintas dengan TCT (Traffic Conflict Technique) serta analisis tundaan dengan gap acceptance. Dari kedua metode tersebut dapat diketahui bahwa dalam 1 jam sibuk terdapat banyak konflik yang terjadi terutama konflik merging dan diverging. Selain itu, tundaan yang diperhitungkan juga dinilai cenderung lama sehingga terjadi kemacetan. Dari perhitungan kompleksitas konflik menyatakan bahwa simpang tersebut memerlukan penanganan, diantaranya pemasangan berbagai rambu, marka, pelebaran jalan, dan pemasangan APJ atau Alat Penerangan Jalan. Dengan adanya penelitian ini maka dapat memberikan saran bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, masyarakat, serta untuk peneliti selanjutnya dalam mengurangi kecelakaan lalu lintas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lau Lintas, Konflik, Gap, Tundaan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 19.01.0597 19.01.0597 |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:13 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1573 |
Actions (login required)
View Item |