ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KELELAHAN PADA PENGEMUDI (STUDI KASUS : PENGEMUDI BUS TRANSJATIM KORIDOR I – V)

LESTARI, ANITA WAHYU (2025) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KELELAHAN PADA PENGEMUDI (STUDI KASUS : PENGEMUDI BUS TRANSJATIM KORIDOR I – V). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
210203065-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21023065-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2103065-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
2103065-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
2103065-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21023065-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21023065-SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah serius dalam sektor transportasi yang terus mengalami peningkatan, termasuk di Indonesia. Salah satu faktor utama penyebab kecelakaan adalah kelelahan pada pengemudi, yang dipengaruhi oleh usia kerja, lama kerja, masa kerja, dan waktu istirahat. Transjatim sebagai moda transportasi massal di Jawa Timur hadir untuk mendukung mobilitas masyarakat dan mengurangi kemacetan, namun peningkatan jam operasional dan jumlah penumpang yang terus bertambah turut menambah beban kerja pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelelahan pada pengemudi bus Transjatim, menentukan faktor yang paling dominan, serta merumuskan upaya untuk mengatasi kelelahan tersebut. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis faktor eksploratori (Exploratory Fakctor Analysis/EFA). Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh pengemudi bus Transjatim koridor I-V sebanyak 196 orang pengemudi. Sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik total sampling (sampel jenuh). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh pengemudi. Berdasarkan analisis persentase rata-rata skor responden terhadap 23 butir pertanyaan yang telah disusun dalam skala likert. Adapun faktor yang paling berpengaruh terhadap kelelahan adalah pada variabel kondisi tubuh (X5) dalam pertanyan nomor 13 dengan nilai sebesar (58,20%) dilanjutkan dengan variabel Durasi Kerja (X2) pertanyaan nomor 3 dengan nilai sebesar (47,40%) dan variabel Waktu Istirahat pertanyaan nomor 10 dengan nilai sebesar (45,90%). dan pengujian dengan menggunakan metode Exploratory Factor Analysis (EFA), maka diperolehkan hasil bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap kelelahan yang dialami oleh pengemudi bus Transjatim adalah Variabel Usia (X1) dengan nilai sebesar 0,654 dan diikuti oleh Variabel Waktu Istirahat (X4) dengan nilai sebesar 0,687.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelelahan pengemudi, kecelakaan lalu lintas, faktor penyebab kelelahan, transportasi massal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21023065 21023065
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:19
Last Modified: 06 Aug 2025 03:19
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3924

Actions (login required)

View Item View Item