ALAMUDIN, PANJI MADANI (2025) ANALISIS BAHAYA RISIKO BUS PATAS PO EFISIENSI TRAYEK CILACAP-YOGYAKARTA DENGAN METODE HIRADC. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN TEGAL.
|
Text (ABSTRAK)
21021054-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021054-SKRIPSI-BAB 1.pdf Download (120kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021054-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021054-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021054-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021054-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (80kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021054-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya potensi bahaya pada layanan bus Patas PO Efisiensi trayek Cilacap-Yogyakarta, yang merupakan koridor padat dengan berbagai risiko seperti kondisi jalan rusak di perlintasan sebidang, lalu lintas padat, dan titik keramaian. Dengan mempertimbangkan data kecelakaan angkutan umum secara nasional dan insiden yang pernah terjadi di rute terkait, maka evaluasi risiko menjadi krusial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bahaya dan risiko pada aspek operasional, perawatan, dan penumpang , serta merumuskan rekomendasi pengendalian yang efektif menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control (HIRADC). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi fenomena dan karakteristik masalah. Proses pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi lapangan di sepanjang trayek, wawancara mendalam dengan 20 pengemudi dan 7 mekanik , serta penyebaran kuesioner kepada 236 penumpang yang jumlahnya ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara semi-kuantitatif untuk menilai tingkat kemungkinan dan keparahan dari setiap risiko, yang menjadi dasar dalam memprioritaskan dan menentukan langkah pengendalian. Hasil penelitian mengidentifikasi risiko signifikan di tiga area utama. Pada operasional trayek, risiko kategori tinggi muncul dari kondisi jalan rusak di perlintasan sebidang dan potensi kecelakaan beruntun. Pada kegiatan perawatan oleh mekanik, ditemukan risiko tinggi pada paparan debu kampas rem yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan kronis, yang diperparah oleh rendahnya kesadaran penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Dari perspektif penumpang, perilaku berisiko yang paling sering terjadi adalah tidak menggunakan sabuk pengaman, Rekomendasi pengendalian yang diusulkan berfokus SOP administratif bagi pengemudi, kombinasi pengendalian teknis dan kewajiban penggunaan APD bagi mekanik, serta himbauan aktif dari perusahaan mengenai penggunaan sabuk pengaman bagi penumpang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HIRADC, Keselamatan Transportasi, Manajemen Risiko, Bus Patas |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021054 21021054 |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:25 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:25 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |