PEMODELAN DAN SIMULASI MOTOR WIPER KECEPATAN LOW DAN HIGH

WIRAWAN, FENDYA AHSANI (2025) PEMODELAN DAN SIMULASI MOTOR WIPER KECEPATAN LOW DAN HIGH. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21021013-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (830kB)
[img] Text (BAB 1)
21021013-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2)
21021013-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021013-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021013-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21021013-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21021013-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy

Abstract

Motor wiper merupakan salah satu komponen penting dalam sistem keselamatan kendaraan, terutama dalam kondisi cuaca hujan yang dapat mengurangi visibilitas pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan mensimulasikan motor wiper dengan dua mode kecepatan, yaitu low dan high menggunakan pendekatan sistem elektrik dan mekanik. Pemodelan dilakukan berdasarkan model matematika motor DC, kemudian disimulasikan menggunakan perangkat lunak MATLAB/Simulink dengan pendekatan state-space untuk menganalisis respon kecepatan motor terhadap variasi tegangan input. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup analisis numerik dan eksperimen langsung. Parameter-parameter utama yang diuji meliputi resistansi, induktansi, konstanta torsi, konstanta gaya gerak balik, koefisien friksi, momen inersia, dan rasio gear. Hasil simulasi kemudian divalidasi melalui pengujian fisik terhadap motor wiper aktual. Data yang dikumpulkan meliputi kecepatan putar (RPM), arus, torsi, dan waktu naik (rise time). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian yang cukup baik antara hasil simulasi dan eksperimen, pada mode kecepatan low dan high. Tegangan input memiliki pengaruh langsung terhadap kecepatan dan torsi motor wiper. Mode high menghasilkan RPM dan torsi yang lebih tinggi dibandingkan low, Model yang dihasilkan dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan sistem wiper yang lebih efisien dan adaptif terhadap kondisi cuaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motor wiper, simulasi, MATLAB Simulink, state-space, kecepatan low, high, model matematika.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021013 21021013
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:06
Last Modified: 28 Jul 2025 02:06
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item View Item