QIYANSYAH, MUHAMMAD DANU (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESADARAN PELAPORAN KECELAKAAN KERJA DI PT. SHANTIKA BANGUN PERKASA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21021024-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021024-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (109kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021024-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021024-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021024-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021024-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (115kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021024-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tingginya angka kecelakaan kerja di Indonesia belum sepenuhnya mencerminkan kondisi di lapangan karena masih banyak kejadian yang tidak dilaporkan. Hal ini juga menjadi permasalahan di PT. Shantika Bangun Perkasa dimana dari hasil wawancara hanya didapatkan 2% saja dari 33 kecelakaan kerja yang dilaporkan. Pemerintah telah mengeluarkan peraturan tentang kewajiban penyelenggara kerja untuk melaporkan setiap kecelakaan kerja yang terjadi melalui PP No. 50 Tahun 2012 Tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PP No. 4 Tahun 2015 Tentang Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian serta Permenhub No. PM 85 Tahun 2018 Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum (SMK PAU). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran pelaporan kecelakaan kerja dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB), yang terdiri dari variabel sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) dan melibatkan 68 responden yang terdiri dari driver, co-driver, dan mekanik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner skala likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap kesadaran pelaporan kecelakaan kerja, sedangkan sikap tidak berpengaruh signifikan. Hal tersebut berarti bahwa kesadaran karyawan PT. Shantika Bangun Perkasa dipengaruhi oleh dukungan faktor sosial dan ketersediaan sarana pelaporan kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil tersebut, rekomendasi yang diusulkan meliputi peningkatan dukungan dari atasan dan rekan kerja, penetapan kebijakan, penyediaan sarana pelaporan dan pemberian pelatihan bagi karyawan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi perusahaan dalam memperkuat sistem pelaporan kecelakaan internal sebagai bagian dari implementasi budaya keselamatan kerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran, Pelaporan, Kecelakaan Kerja, PT. Shantika Bangun Perkasa, Theory of Planned Behavior |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021024 21021024 |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:25 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:25 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |