ANALISIS ERGONOMI KURSI PENGEMUDI BUS MENGGUNAKAN METODE POSTURE EVALUATION INDEX (PEI) BERBASIS VIRTUAL ENVIRONMENT MODELLING BERDASARKAN ANTROPOMETRI PENGGUNA

KHASIANTO, KHOIRIN TOTOK (2024) ANALISIS ERGONOMI KURSI PENGEMUDI BUS MENGGUNAKAN METODE POSTURE EVALUATION INDEX (PEI) BERBASIS VIRTUAL ENVIRONMENT MODELLING BERDASARKAN ANTROPOMETRI PENGGUNA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20022079-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (804kB)
[img] Text (BAB 1)
20022079-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2)
20022079-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20022079-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20022079-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20022079-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20022079-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor penyebab kecelakaan bus adalah pengemudi yang mengalami kelelahan pada saat bekerja oleh karena itu pekerjaan mengemudi merupakan pekerjaan yang sangat berisiko tinggi mengalami kelelahan kerja atau disebut juga dengan muskuloskeletal disorder. Di PT.Dwi Raya Laksana yang dilakukan dengan cara wawancara dengan sampel 5 pengemudi didapatkan hasil bahwa saat mengemudi dalam perjalanan jauh sering mengalami kelelahan terutama dibagian punggung, tangan, kaki, dan leher yang disebabkan oleh tinggi kursi terlalu pendek dengan sopir sehingga peneliti melakukan penelitian tentang ergonomi kursi pengemudi dan merekomendasikan kursi perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode Posture Evaluation Index dimana metode merupakan suatu pengembangan dari fitur TAT yang ada di dalam software jack 8.4. Dari hasil penelitian ini menghasilkan penurunan nilai PEI dari desain kursi awal dan kursi perbaikan 1 adalah LBA sebesar 207, OWAS sebesar 1, RULA sebesar 0, dan nilai PEI sebesar 0,247 sedangkan perbandingan antara kursi awal dan kursi perbaikan 2 adalah LBA sebesar 327, OWAS sebesar 2, RULA sebesar 0, dan nilai PEI sebesar 0,517. Hasil dari percobaan desain perbaikan yang dapat direkomendasikan adalah desain kursi perbaikan pertama dengan spesifikasi tinggi kursi 140 cm, panjang alas 41,5 cm, 45,6 cm, tebal alas 15 cm, panjang senderan 82 cm, tebal senderan 8,8 cm, dan sudut kemiringan senderan 8 derajat. Adapun spesifikasi rekomendasi desain perbaikan yang kedua adalah tinggi kursi 140 cm, panjang alas 41,5 cm, 45,6 cm, tebal alas 15 cm, panjang senderan 81 cm, tebal senderan 9 cm, dan sudut kemiringan senderan 13 derajat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kursi Pengemudi Bus, Posture Evaluation Index, Environment Modelling, Ergonomi, Redesign, Software Jack.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QC Physics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20022079 20022079
Date Deposited: 19 Aug 2024 00:56
Last Modified: 19 Aug 2024 01:10
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3041

Actions (login required)

View Item View Item