LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI I DI BLU UPTD TRANS SEMARANG

FADZLAN, HILAL BAITHO and AINI, META HARISMA NOR and PRASETIYO, YOGA and KHANAN, MUHAMMAD ABDUL (2022) LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI I DI BLU UPTD TRANS SEMARANG. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN. (Submitted)

[img] Text (ABSTRAK)
18.02.0229_18.02.034_18.02.0271_18.02.0249-PKP-ABSTRAK.pdf

Download (960kB)
[img] Text (BAB 1)
18.02.0229_18.02.034_18.02.0271_18.02.0249-PKP-BAB_1.pdf

Download (61kB)
[img] Text (BAB 2)
18.02.0229_18.02.034_18.02.0271_18.02.0249-PKP-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.02.0229_18.02.034_18.02.0271_18.02.0249-PKP-BAB_3_compressed.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB 4)
18.02.0229_18.02.034_18.02.0271_18.02.0249-PKP-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18.02.0229_18.02.034_18.02.0271_18.02.0249-PKP-BAB_5.pdf

Download (55kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.02.0227_18.02.0229_18.02.0234_18.02.0271_18.02.0249-PKP1-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Trans Semarang merupakan layanan yang dioperasikan guna mengurai kemacetan di Kota Semarang yang semakin meningkat serta untuk mengakomodir para pelaju menuju pusat kota dan destinasi wisata yang ada di Kota Semarang. Hal yang membedakan Trans Semarang dengan layanan bus kota lainnya yaitu aksesibilitas yang mengharuskan pengguna jasa 2 menggunakan shelter (halte atau stasiun) khusus, serta armadanya yang menggunakan pintu otomatis untuk aksesibilitas naik turun penumpang dari sisi (Perwal 75 Tahun 2016).Kerusakan yang terjadi di setiap koridor masing-masing berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor rute medan yang dilintasi armada setiap koridor yang tiak sama, faktor pramudi dalam mengendarai armada dengan pengetahuan dan pemahaman yang 92 berbeda-beda, faktor tipe kendaraan antara koridor satu dan koridor lain yang tidak sama, dan faktor cuaca yang berbeda di setiap daerah rute, dan faktor jumlah penumpang.Pada Koridor 1 Penggaron dengan armada Hino RK8 R260 dalam pengamatan pada 1 Oktober sampai dengan 15 November selama 6 minggu ditemukan kerusakan paling sering terjadi adalah retaknya vanbelt, baik vanbelt AC, vanbelt mesin, vanbelt radiator. Hasil analisis keretakan vanbelt dipengaruhi oleh umur pakai vanbelt dan beban putar yang berat.Pada Koridor VII Genuk dengan armada Hino FB 130 dan Isuzu NQR 71 dalam pengamatan pada 16 November sampai dengan 30 November selama 2 minggu ditemukan kerusakan paling sering terjadi adalah alternator pendingin udara yang lemah dengan hasil analisis dipengaruhi oleh hubungan antara carbon brush dan rotor slip dan penggunaan cut of pada bagian Ket Out Eksternal. Selain itu kerusakan yang sering terjadi adalah per daun patah dengan hasil analisis dipengaruhi umur pakai yang melampau batas, jalanan yang bergelombang, dan mengangkut beban terlalu berat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: BUS RAPID TRANS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 18.02.0234 18.02.0234
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:05
Last Modified: 19 Aug 2022 03:14
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item