EVALUASI MANAJEMEN PERAWATAN BUS DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE PADA PT GUMARANG JAYA BERSAMA

YULIANDRI, RIFALDI (2024) EVALUASI MANAJEMEN PERAWATAN BUS DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE PADA PT GUMARANG JAYA BERSAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20021052_SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20021052_SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2)
20021052_SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20021052_SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20021052_SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20021052_SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20021052_SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT Gumarang Jaya Bersama merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melayani trayek dari Padang hingga ke Jabodetabek. Penggunaan kendaraan secara terus menerus tentunya mempengaruhi kondisi fisik maupun mesin kendaraan. Kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan oleh PT Gumarang Jaya Bersama saat ini adalah kegiatan pemeliharaan rutin penggantian pelumasan dan penggantian filter untuk tiap kendaraan serta perbaikan kendaraan apabila ada keluhan dari sopir yang bertugas. Manajemen perawatan bus dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) di PT Gumarang Jaya Bersama bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen atau sistem kritis kendaraan. Data kerusakan sistem bus di analisa, kemudian kegagalan dari suatu komponen yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi dari sistem diidentifikasi menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mengetahui bagian dari sistem yang rusak sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahan berdasarkan kegagalan yang ada agar kejadian yang sama tidak terulang dan menentukan kegiatan perencanaan perawatan yang tepat pada sistem. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan bus di PT Gumarang Jaya Bersama terdapat kerusakan sistem bus yaitu sistem roda dengan 262 kerusakan. Perlu adanya pemeliharaan dan perawatan bus dengan kebijakan preventive maintenance (PM), pemilihan dilakukan karena kegagalan fungsi komponen dari sistem roda yaitu ban, pelek, dan bearing roda termasuk pada kategori A (safety problem) kemudian pada pemilihan tindakan menghasilkan CD (Condition Directed).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perawatan, RCM, FMEA, Tindakan Pemeliharaan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20021052 20021052
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:32
Last Modified: 29 Jul 2024 05:32
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item