ANALISIS PRAMUDI BUS X MENGGUNAKAN METODE HEART DAN SHERPA

RISWANTO, ACHMAD CHUSNU (2022) ANALISIS PRAMUDI BUS X MENGGUNAKAN METODE HEART DAN SHERPA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.02.0250_SKRIPSI-ABSTRAC.pdf

Download (594kB)
[img] Text (BAB 1)
18.02.0250-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB 2)
18.02.0250-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.02.0250-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18.02.0250-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18.02.0250-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (466kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.02.0250-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan X adalah perusahaan transportasi bergerak dibidang angkutan orang dalam kota. Kegiatan operasional merupakan salah satu kegiatan utama perusahaan yang tidak boleh terhambat, sarana utama di dalam operasional perusahaan adalah bus yang dikendarai oleh seorang pramudi. Namun bus perusahaan x masih cukup sering mengalami kecelakaan, salah satu penyebabnya adalah kesalahan pramudi. Pramudi adalah seseorang yang bertugas untuk mengoperasikan bus di perusahaan X, dan pramudi termasuk kedalam aspek penting dalam mengoperasionalkan bus. Tujuan dari penelian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan perusahaan X dan Untuk memberikan saran pencegahan mengenai kecelakaan berdasarkan aspek pramudi. Metode Heart dan Sherpa. Metode Heart yaitu metode analisis tugas pramudi apakah ada suatu kejadian error atau tidak terhadap tugas yang dilakukan oleh pramudi, berdasarkan metode Heart langkah awal yang dilakukan yaitu melakukan observasi dan analisis lebih lanjut dengan mencari nilai GTT, EPCs, APOa, kemudian dilakukan perhitungan dan didapatkan nilai AE, dan HEP tinggi atau kritis setelah melakukan analisis tersebut. Setelah dilakukan analisis tersebut maka dilakukan analisis Sherpa, yaitu setelah itu di dalam metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil strategi perbaikan agar dapat meminimalisir terjadinya kejadian kecelakaan. Dalam penelitian ini di dapatkan bahwa tugas mentaati rambu lalu lintas mendapatkan hasil nilai HEP kritis / tinngi dengan nilai AE 1.06 dan 4, kemudian berdasarkan perhitungan mendapatkan hasil dengan nilai HEP 0.68 dengan kondisi penyebab error yaitu Tingkat disiplin dari Pramudi yang kurang ataupun rendah, pramudi terburu-buru dalam melakukan pekerjaan. Strategi Perbaikan yang diberikan agar dapat meminimalisir tingkat kejadian yang dapat menyebabkan kecelakaan kemudian agar meningkatkan pengawasan terhadap pramudi dan pemberian sanksi terhadap pramudi yang melanggar agar mereka dapat mengurangi suatu kegiatan yang kemungkinan dapat menyebabkan suatu kejadian kecelakaan dan dilakukan pelatihan Safety Driving. Kata Kunci : Heart, Sherpa, Error, Pramudi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Heart, Sherpa, Error, Pramudi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 18.02.0250 18.02.0250
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:03
Last Modified: 16 Aug 2022 02:03
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item