EVALUASI ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY PENGGUNA BUS BANDARA DAMRI

RAMADHANI, FILLAH PUTRA (2023) EVALUASI ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY PENGGUNA BUS BANDARA DAMRI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010604-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text (BAB 1)
19010604-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (358kB)
[img] Text (BAB 2)
19010604-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010604-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010604-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010604-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (358kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010604-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya pergerakan aktivitas masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi maka sangat diperlukan sistem angkutan alternatif untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Perum DAMRI sebagai salah satu BUMN penyedia jasa bus bandara di bandara Yogyakarta International Airport , penetapan tarif tentunya membutuhkan kebijakan yang baik sehingga tidak memberatkan penumpang dan tidak merugikan pihak pengelola. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik, Ability To Pay, Willingness To Pay pengguna bus bandara DAMRI serta mengevaluasi tarif berdasarkan Ability To Pay, Willingness To Pay, dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung, wawancara dan pembagian kuesioner dilokasi penelitian. Metode yang digunakan yaitu analisis perhitungan Ability To Pay dan Willingness To Pay serta perhitungan biaya operasional kendaraan (BOK) sesuai dengan KM 251 Tahun 2022. Hasil peneletian menunjukan karakteristik pengguna bus bandara DAMRI rute YIA – Jogja 61,7% laki – laki dan 38,3% perempuan, usia antara 29 – 36 tahun 36,7% dan berprofesi Wirausaha 46,7% serta tujuan perjalanan kepentingan keluarga 36,7%. Ability To Pay sebesar Rp 116.413,00 dan Willingness To Pay sebesar Rp 75.854,00 dengan tarif eksisting sebesar Rp 80.000,00. Perum DAMRI dapat menetapkan penyesuaian tarif baru yang dihitung berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan kondisi load factor , maka diperoleh tarif Break Even Point (BEP) sebesar Rp 69.004,00 dan tarif untung sebesar Rp 75.921,27.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ability to Pay,Willingness To Pay, Biaya Operasional Kendaraan, Tarif.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0604 19.01.0604
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:27
Last Modified: 10 Aug 2023 01:27
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item