PENGARUH JENIS BAHAN BAKAR DAN PUTARAN MESIN TERHADAP EMISI GAS BUANG YANG DIHASILKAN PADA KENDARAAN LCGC (STUDI KASUS MOBIL TOYOTA AGYA 1.2 G M/T 2020)

WIJAYARTI, RESTI YULIANI (2021) PENGARUH JENIS BAHAN BAKAR DAN PUTARAN MESIN TERHADAP EMISI GAS BUANG YANG DIHASILKAN PADA KENDARAAN LCGC (STUDI KASUS MOBIL TOYOTA AGYA 1.2 G M/T 2020). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020181-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text (BAB 1)
17020181-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 2)
17020181-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB 3)
17020181-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB 4)
17020181-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB 5)
17020181-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17020181-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan jenis bahan bakar pertalite, pertamax dan pertamax turbo dengan variasi putaran mesin 900rpm(idle), 1500rpm, 2500rpm, 3500rpm, 4000rpm dan 4500rpm terhadap nilai emisi gas karbon monoksida yang terdapat pada kendaraan LCGC Toyota Agya 1.2 G M/T 2020. Data yang digunakan dalam penelitian diambil dengan menyebarkan kuisioner melalui google form kepada pengguna kendaraan LCGC sebagai survei data pendahuluan, dilanjut dengan pengambilan data menggunakan metode eksperimen yang setiap variasi putaran mesin dilakukan percobaan sebanyak 3 kali dan untuk pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS dengan metode uji Kruskal Wallis serta aplikasi microsoft office excel. Dari hasil survei pendahuluan menunjukan 80% responden pengguna LCGC mengetahui definisi dari kendaraan LCGC, 50% responden pengguna bahan bakar pertalite, serta 50% responden menggunakan putaran mesin di 2000rpm saat berkendara. Hasil analisis dari penelitian eksperimen dapat disimpulkan jenis bahan bakar dengan variasi putaran mesin berpengaruh terhadap nilai emisi CO kendaraan Toyota Agya G M/T 2020, yaitu nilai emisi CO pertalite dan pertamax memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan dari setiap variasi putaran mesin tetapi pada pertamax turbo nilai emisi setiap variasi putaran mesinnya tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada putaran mesin 900rpm(idle) emisi yang dihasilkan tinggi karena nilai perbandingan udara dan bahan bakar kaya tetapi putaran mesin 1500rpm emisi menurun karena campuran bahan bakar dan udara menjadi miskin, pada putaran mesin 2500rpm emisi rendah karena campuran udara dan bahan bakar ideal. Namun pada putaran mesin selanjutnya (3500rpm, 4000rpm, 4500rpm) kadar emisi gas CO mengalami kenaikan disebabkan adanya penambahan jumlah campuran bahan bakar dan udara baru. Dari hasil penelitian nilai emisi dari semua variasi putaran mesin dan bahan bakar masih dibawah ambang batas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jenis bahan bakar, putaran mesin, emisi gas buang, kendaraan LCGC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:13
Last Modified: 30 Nov 2022 04:13
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item