PRASETIYO, YOGA (2022) SIFAT MEKANIK MATERIAL KOMPOSIT KAMPAS REM BERBAHAN CAMPURAN SERBUK KAYU JATI DAN ABU SEKAM PADI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18020249-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (594kB) |
|
Text (BAB 1)
18020249-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 2)
18020249-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18020249-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18020249-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18020249-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (333kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18020249-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor maka kebutuhan dalam perbaikan dan penggantian komponen kendaraan bermotor akan terus meningkat, salah satunya yaitu kampas rem. Secara umum kampas rem terbuat dari bahan asbestos dan non asbestos. Kampas rem berbahan asbestos dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru, oleh karena itu diperlukan pengembangaan bahan kampas rem yang lebih ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sifat mekanik dari material komposit berbahan abu sekam padi dan serbuk kayu jati. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Ada beberapa tahapan dalam pembuatan kampas rem, pertama menyiapkan bahan, lalu mencampur bahan secara rata, kemudian proses pengepresan dan dilanjut proses pemanasan. Bahan kampas rem yang sudah jadi kemudian dilakukan proses pembentuk kampas rem dan kemudian dilakukan pengujian. Uji yang digunakan meliputi uji kekerasan, uji ketahanan panas, uji massa jenis, uji jarak pengereman dan uji keausan. Hasil penelitian ini mendapatkan Nilai uji kekerasan tertinggi sebesar 5,821 HV, massa jenis tertinggi sebesar 1,32 gr/cm3, hasil uji jarak pengereman sebesar 4,12 m dengan nilai perlambatan 3,67 m/s2 dan hasil uji keausan 2,22 X 10-6 mm2/kg. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampas rem berbahan abu sekam padi dan serbuk kayu jati belum memenuhi standar SAE J7661, tetapi untuk uji ketahanan panas sampel no 1 memenuhi persyaratan SAE J7661 karena sampel tidak mengalami kerusakan material setelah dilakukan uji pada suhu 3600C selama 1 jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Abu sekam padi, kampas rem, serbuk kayu jati |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 18.02.0249 18.02.0249 |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:46 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:46 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/515 |
Actions (login required)
View Item |