ANALISIS PENGGANTIAN BAN PADA BUS GANDENG TRANSJAKRTA DENGAN METODE AGE REPLACEMENT

GALANG PRAMUDYA, GLENADAM (2022) ANALISIS PENGGANTIAN BAN PADA BUS GANDENG TRANSJAKRTA DENGAN METODE AGE REPLACEMENT. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18020261-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 1)
18020261-SKRIPSI-BAB_ 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB 2)
18020261-SKRIPSI-BAB_ 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18020261-SKRIPSI-BAB_ 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18020261-SKRIPSI-BAB_ 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18020261-SKRIPSI-BAB_ 5.pdf

Download (71kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18020261-SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

PT. Transjakarta merupakan perusahaan milik Pemerintah Daerah khusus Ibu Kota Jakarta yang berbasis Bus Rapid Transit (BRT). bus merupakan sarana utama dalam operasional perusahaan dan tidak boleh ada kendala dalam pelaksanaanya, namun bus transjakarta masih sering mengalami kendala pada saat beroperasional. salah satu penyebabnya adalah karena komponen ban, ban adalah komponen yang paling sering mengalami kerusakan pada bus transjakarta karena ban adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan. maka dari itu ban di kategorikan menjadi komponen penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jadwal penggantian ban pada bus gandeng PT. Transjakarta berdasarkan perhitungan hari dan merencanakan perencanaan biaya yang dikeluarkan PT. Transjakarta selama 1 tahun dan 5 tahun kedepan. Metode age replacement adalah metode yang digunakan untuk merencanakan penggantian komponen berdasarkan interval waktu penggunaan komponen tersebut dalam penelitian ini adalah ban pada bus gandeng, di dalam metode ini ada beberapa pola distribusi yang digunakan. ada beberapa tahap perhitungan, dimulai dari perhitungan Time to Failure (TTF), Mean Time to Failure (MTTF) sampai didapatkan waktu hari penggantian terbaik. lalu perhitungan Reliability dan laju kerusakan. setelah perhitungan hari sudah ditemukan kemudian dilanjutkan ke tahap perencanaan biaya penggantian ban selama 1 tahun dan 5 tahun kedepan. Setelah melakukan perhitungan, ditemukan waktu penggantian ban terbaik adalah 4368 jam atau 182 hari. dan perencanaan biayanya adalah sebesar Rp.13.200.000,- pada tiap bus selama satu tahun dan sebesar Rp.132.000.000,- pada tiap bus untuk lima tahun kedepan dengan rute Blok M – Kota. Kata Kunci : Ban, penggantian, Age Replacement

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ban, penggantian, Age Replacement
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: 18.02.0261 18.02.0261
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:57
Last Modified: 16 Aug 2022 07:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item