PRAVITA, RIZQI ANINDIA EKA (2022) REDESAIN GEDUNG UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19030566_KKW_ABSTRAK.pdf Download (829kB) |
|
Text (BAB 1)
19030566_KKW_BAB 1.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB 2)
19030566_KKW_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
Text (BAB 3)
19030566_KKW_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text (BAB 4)
19030566_KKW_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
|
Text (BAB 5)
19030566_KKW_BAB 5.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19030566_KKW_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
Abstract
Peningkatan kendaraan di Indonesia, maka peran pengujian kendaraan bermotor sangat dibutuhkan, dalam proses pengujian tentunya membutuhkan tempat yang luas agar tidak menghambat proses pengujian. Jika tidak terpenuhi maka akan terjadi antrean kendaraan di gedung uji. Maka dari itu untuk meningkatkan fasilitas bangunan di perlukan perencanaan atau redesign gedung dalam redesain Gedung UPT PKB ini menerapkan kode warna keselamatan dan garis demarkasi. Metode penelitian redesain gedung 2D menggunakan software SketchUp 2016. Sebelum pembuatan redesain gedung dilakukan observasi pada alur kendaraan untuk mendapatkan infromasi luas lahan sebenarnya, data Fasilitas sarana dan prasarana untuk dapat dianalisa berdasarkan alur dan saat proses redesign. Data mengenai jumlah KBWU harian untuk penentuan banyaknya line pengujian. Penempatan fasilitas yang kurang tepat sehingga menyebabkan akses kendaraan yang terbatas. Pembongkaran gudang dan pemindahan lahan parkir untuk mempermudah rotasi. Pembuatan ruang terbuka untuk pemeriksaan persyaratan teknis kendaraan bermotor sehingga berada diluar. Meredesain gedung pengujian agar mempunyai sirkulasi yang udara yang lancar dan emisi berkurang dengan cara mengganti dinding pengujian dengan folding door. Penerapan kode warna keselamatan dan garis demarkasi pada gedung pengujian kendaraan bermotor serta dilakukannya analisis untuk jalur evakuasi terbaik. Analisis ini dilakukan untuk mendapatkan alur terbaik dengan jarak tersingkat, kesehatan yang lebih baik, dan keselamatan yang meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | 19.03.0566 19.03.0566 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:58 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:58 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/424 |
Actions (login required)
View Item |