PENGARUH MUATAN KENDARAAN TERHADAP EFISIENSI REM STUDI KASUS MOBIL BAK TERBUKA

MURTADHA, MOHAMAD AKMAL (2025) PENGARUH MUATAN KENDARAAN TERHADAP EFISIENSI REM STUDI KASUS MOBIL BAK TERBUKA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22033078-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
22033078-KKW-BAB 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
22033078-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
22033078-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
22033078-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
22033078-KKW-BAB 5.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22033078-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan sistem pengereman memiliki peran utama dalam menjaga keselamatan pengguna jalan, terutama pada kendaraan bak terbuka yang kerap difungsikan untuk membawa muatan berat. Beban berlebih dan distribusi muatan yang tidak seimbang dapat mengakibatkan performa pengereman menurun dan meningkatkan potensi kecelakaan di jalan raya. Penelitian ini berfokus pada upaya memahami pengaruh berat dan penyebaran muatan terhadap kinerja rem kendaraan bak terbuka. Proses penelitian dilakukan secara eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Tiga jenis kendaraan bak terbuka, yaitu Mitsubishi T120SS, Suzuki Carry, dan Daihatsu Grand Max, menjadi objek pengujian. Evaluasi efisiensi rem dilakukan melalui dua metode uji, yakni brake tester untuk pengujian statis dan road test untuk pengujian dinamis. Variabel bebas pada penelitian ini ialah variasi beban dan posisinya di dalam bak kendaraan. Sedangkan efisiensi pengereman menjadi variabel yang diamati. Data diperoleh melalui observasi langsung di lapangan dan analisis statistik menggunakan uji normalitas, regresi linear berganda, serta ANOVA untuk menguatkan hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi sistem pengereman pada kendaraan bak terbuka dipengaruhi secara signifikan oleh beban dan distribusi muatan. Suzuki Carry mengalami penurunan efisiensi dari 66–68% saat membawa beban 450 kg menjadi 32–33% saat membawa 980 kg. Mitsubishi T120SS menunjukkan kinerja paling rendah, dari 37–42% menjadi hanya 13–21%, berada di bawah batas kelayakan teknis 50%. Daihatsu Grand Max tampil lebih baik karena mampu mempertahankan efisiensi hingga 40% meskipun membawa beban berat, didukung oleh fitur LSPV. Pengujian dilakukan menggunakan metode brake tester dan road test terhadap tiga jenis kendaraan yaitu Suzuki Carry, Mitsubishi T120SS, dan Daihatsu Grand Max. Setiap kendaraan diuji dalam kondisi beban 450 kg dan 980 kg dengan posisi muatan di depan, tengah, dan belakang. Hasil ini membuktikan bahwa bobot dan tata letak muatan memiliki pengaruh nyata terhadap efisiensi pengereman dan jarak henti kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi rem, muatan kendaraan, brake tester, road test
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22033078 22033078
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:11
Last Modified: 19 Aug 2025 01:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item