WIBOWO, MUHAMMAD RISKI SEPTIANA (2025) KERTAS KERJA WAJIB RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR PERLAMBATAN KENDARAAN DENGAN METODE ROADTEST. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031054-KKW-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031054-KKW-BAB_1.pdf Download (158kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031054-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031054-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031054-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031054-KKW-BAB_5.pdf Download (156kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031054-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keselamatan kendaraan bermotor di jalan merupakan sebuah perhatian serius, terutama terkait dengan fungsi sistem pengereman. Urgensi pengujian fungsi pengereman secara akurat telah ditunjukkan oleh kasus kecelakaan akibat rem blong. Oleh karena itu, alat yang mampu mengukur efisiensi dan perlambatan kendaraan secara efisien, aman, serta dapat digunakan pada berbagai jenis sistem rem, termasuk ABS dan rem konvensional, sangat diperlukan. Dalam penelitian ini, prinsip Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), khususnya pada kondisi perlambatan, telah digunakan. GLBB digunakan untuk menghitung percepatan negatif saat pengereman dilakukan oleh kendaraan. Persamaan kinematika dasar digunakan untuk menghitung kecepatan awal, kecepatan akhir, waktu pengereman, dan jarak tempuh. Dengan rumus tersebut, perlambatan dapat dihitung menggunakan data waktu dan kecepatan yang diperoleh dari sensor GPS. Metode eksperimen dengan pendekatan roadtest telah digunakan dalam penelitian ini menggunakan kendaraan Mitsubishi L300. Alat telah dirancang dengan komponen mikrokontroler ESP32, modul GPS BN-220, RTC, LCD 16x2, printer thermal, dan penyimpanan microSD. Pengujian rancang bangun alat telah dilakukan di landasan pacu Pantai Depok, Yogyakarta, melalui tahapan kalibrasi, pengambilan data, validasi alat, dan analisis hasil. Pengoperasian alat dilakukan dengan prosedur yang bertujuan agar pengukuran perlambatan berjalan optimal. Dari hasil pengujian, telah ditunjukkan bahwa alat dapat mengukur perlambatan kendaraan dengan tingkat akurasi mencapai 98,52% dan tingkat error rata-rata 1,48%. Data ditampilkan pada LCD, dicetak melalui printer thermal, serta disimpan di microSD. Kesimpulannya, alat ini layak digunakan sebagai alternatif pengujian rem dengan metode roadtest karena tingkat error yang sangat kecil sehingga alat dinyatakan presisi. Saran untuk pengembangan berikutnya adalah peningkatan akurasi menggunakan modul GPS yang lebih baik, penambahan baterai sebagai sumber tegangan alat, serta integrasi nirkabel untuk monitoring hasil secara real-time melalui perangkat digital. Kata kunci: Perlambatan, Gerak Lurus Berubah Beraturan, Rancang Bangun Alat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlambatan, Gerak Lurus Berubah Beraturan, Rancang Bangun Alat |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031054 22031054 |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:12 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:12 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |