FATURRAHMAN, SANDI (2025) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN KOMBINASI GYPSUM DAN KUNINGAN TERHADAP HASIL UJI EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031026-KKW-ABSTRAK.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031026-KKW-BAB_1.pdf Download (134kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031026-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031026-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031026-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031026-KKW-BAB_5.pdf Download (136kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031026-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia berdampak terhadap peningkatan emisi gas buang yang merusak kualitas udara. Salah satu upaya yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penggunaan catalytic converter pada sistem pembuangan kendaraan. Namun, catalytic converter konvensional umumnya menggunakan logam mulia yang memiliki biaya relatif tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan catalytic converter berbahan kombinasi gypsum dan kuningan terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor berbahan bakar bensin. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan kendaraan Toyota Kijang 5K serta tiga jenis variasi bahan katalis, yaitu gypsum murni, gypsum dengan penambahan semen 10%, dan gypsum dengan penambahan semen 25%, yang seluruhnya dikombinasikan dengan plat kuningan. Pengukuran emisi CO dan HC dilakukan menggunakan gas analyzer, sedangkan konsumsi bahan bakar dihitung secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan catalytic converter berbahan kombinasi gypsum dan kuningan mampu menurunkan emisi CO hingga 26,27% dan emisi HC hingga 46,18% pada Variasi 2. Namun demikian, penggunaan catalytic converter menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar dengan kenaikan tertinggi sebesar 41,7% pada Variasi 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Catalytic Converter, Gypsum, Kuningan, Emisi Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031026 22031026 |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:48 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:48 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |