ANALISIS SISTEM KESELAMATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN PROVINSI SEMARANG - PURWODADI (KM17 - KM19)

DIYAKSA, MEI CAHYA (2025) ANALISIS SISTEM KESELAMATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN PROVINSI SEMARANG - PURWODADI (KM17 - KM19). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013106-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013106-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013106-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013106-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013106-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013106-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013106-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ruas Jalan Provinsi Semarang–Purwodadi (KM17–KM19) merupakan salah satu jalur padat yang rawan kecelakaan lalu lintas. Tingginya angka kecelakaan didominasi oleh faktor manusia, kendaraan, dan kondisi jalan yang belum optimal. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap sistem keselamatan lalu lintas, serta identifikasi fase kecelakaan berdasarkan pendekatan sistemik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dan merumuskan tindakan pencegahan yang efektif guna meningkatkan keselamatan lalu lintas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kombinatif, yaitu analisis regresi binomial negatif dan pendekatan Haddon Matriks. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi lapangan, dokumentasi visual, dan wawancara dengan pihak terkait. Model binomial negatif digunakan untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel bebas terhadap jumlah kecelakaan, sementara Haddon Matriks digunakan untuk memetakan penyebab kecelakaan berdasarkan fase waktu dan faktor penyebab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecepatan kendaraan dan kondisi rambu lalu lintas berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan lalu lintas. Kecepatan menjadi faktor paling dominan berdasarkan hasil regresi (p = 0.001), sementara Haddon Matriks memperkuat temuan dengan mengidentifikasi kecepatan sebagai risiko utama pada fase pra-kecelakaan. Temuan ini merekomendasikan perlunya pengendalian kecepatan, peningkatan kualitas rambu, dan sistem tanggap darurat yang lebih baik sebagai langkah strategis peningkatan keselamatan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Lalu Lintas, Kecelakaan Lalu Lintas, Haddon Matriks,Regresi Binomial Negatif, Perilaku Pengemudi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013106 21013106
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:29
Last Modified: 04 Aug 2025 06:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item View Item