HUBUNGAN TINGKAT KETIDAKRATAAN PERMUKAAN JALAN TERHADAP ANGKA KECELAKAAN

SUSANTI, SUSANTI (2025) HUBUNGAN TINGKAT KETIDAKRATAAN PERMUKAAN JALAN TERHADAP ANGKA KECELAKAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011059-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011059-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011059-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011059-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011059-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21011059-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21011059-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Permukaan jalan yang tidak rata dapat mempengaruhi keselamatan lalu lintas karena berpotensi menyebabkan pengemudi kehilangan kendali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat ketidakrataan permukaan jalan berdasarkan International Roughness Index (IRI), terhadap angka kecelakaan lalu lintas. Lokasi penelitian meliputi ruas Ngantru-Bts. Kab. Blitar dan Wonorejo-Doroampel di Kabupaten Tulungagung. Data IRI diperoleh melalui survei menggunakan aplikasi RoadLab Pro, sedangkan data kecelakaan berasal dari Satlantas Polres Kabupaten Tulungagung. Analisis dilakukan dengan metode frekuensi untuk identifikasi titik rawan kecelakaan dan pemodelan regresi (linear, polinomial ordo 3, eksponensial, power, kuadratik, dan logaritmik) untuk mengetahui hubungan antara nilai IRI dengan angka kecelakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik adalah model regresi polinomial ordo 3 dengan nilai koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,70, yang menggambarkan hubungan tidak linear antara nilai IRI dan angka kecelakaan. Angka kecelakaan cenderung menurun pada nilai IRI hingga 9,3, tetapi meningkat kembali setelah nilai tersebut terlampaui. Kesimpulannya, terdapat pengaruh signifikan antara ketidakrataan permukaan jalan dan angka kecelakaan, sehingga pemeliharaan jalan pada segmen dengan nilai IRI tinggi perlu diprioritaskan guna meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: International Roughness Index (IRI), RoadLab Pro, Regresi polinomial.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011059 21011059
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:14
Last Modified: 22 Jul 2025 06:14
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item