ARITONANG, HANS IMMANUEL (2025) PENERAPAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN FAULT TREE ANALYSIS DALAM PENGENDALIAN BAHAYA DAN MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL PT. JOGJA TUGU TRANS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21021008-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021008-SKRIPSI-BAB_I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021008-SKRIPSI-BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021008-SKRIPSI-BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021008-SKRIPSI-BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021008-SKRIPSI-BAB_V.pdf Download (126kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021008-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
Abstract
PT Jogja Tugu Trans (JTT) adalah perusahaan transportasi yang didirikan pada tahun 2007 sebagai konsorsium dari beberapa koperasi angkutan perkotaan di D.I.Yogyakarta. PT. JTT memiliki tujuan untuk menyediakan layanan transportasi umum yang aman dan efisien melalui sistem bus Trans Jogja. Oleh sebab itu, PT. JTT harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan serta keamanan dari penumpang dengan memperhatikan bahaya dan risiko yang dapat terjadi pada opersioanal trans jogja. Pengindentifikasian bahaya dan risiko dilakukan pada 3 hal yang menjadi penyebab kecelakaan kendaraan , yaitu manusia, kendaraan dan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi sumber bahaya dan potensi kegagalan pada pengemudi, kendaraan dan lingkungan. Kemudian memberikan penilaian terhadap masing-masing potensi bahaya dan kegagalan yang teridentifikasi dan memberikan upaya pengendalian risiko terhadapnya. Indentifikasi tingkat risiko diukur dari 3 aspek yaitu keparahan (severity), peluang kejadian (Occurance) dan nilai deteksi (Detection). Analisis akan dimulai menggunakan metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) untuk mendapatkan nilai RPN tertinggi. Kemudian dilanjutkan dengan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk mencari akar penyebab dari potensi kegagalan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel teridentifikasi memiliki potensi-potensi kegagalan. Hasil dari penelitian yang dilakukan selanjutnya menunjukan nilai-nilai RPN dari potensi-potensi kegagalan yang teridentifikasi. Nilai variabel yang didapati tertinggi adalah dari variabel kendaraan yaitu fitur keselamatan kendaraaan yaitu alat pembatas kecepatan dengan nilai RPN 270. Berdasarkan hasil RPN akan digunakan metode FTA untuk membangun fault tree untuk melihat akar permasalahan dari moda kegagalan tersebut. Dari hasil FTA, maka dapat diberi usulan perbaikan yang diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan pengoperasian pada Trans Jogja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendingin Rem, Modul Peltier, Temperature Pad Rem, Efisiensi Pengereman. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021015 21021015 |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:56 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:56 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |