SASONO, GURIT NDARU (2025) EVALUASI TINGKAT KESELAMATAN JALAN DENGAN METODE IRAP (STUDI KASUS : JALAN BRIGJEND SUDIARTO SEMARANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011041-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011041-SKRIPSI-BAB 1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011041-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011041-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011041-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011041-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (104kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011041-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Brigjend Sudiarto di Kota Semarang tercatat sebagai ruas jalan dengan tingkat kecelakaan tertinggi selama tahun 2020–2024, dengan jumlah kejadian mencapai 279 kasus dan menyebabkan 30 korban jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keselamatan ruas jalan tersebut menggunakan metode International Road Assessment Programme (iRAP), yang telah terbukti efektif secara global dalam menilai risiko jalan dan merancang intervensi yang tepat. Metode yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data primer menggunakan teknologi Hawkeye 2000, mencakup karakteristik geometrik, kondisi perkerasan, marka dan rambu, hingga perilaku lalu lintas. Penilaian keselamatan dilakukan melalui perangkat lunak ViDA by iRAP, menghasilkan skor Star Rating yang mencerminkan tingkat risiko pengguna jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar stationing Jalan Brigjend Sudiarto memiliki nilai yang cukup baik karena sebagian besar star rating melebihi 3, tetapi masih terdapat tetapi masih terdapat beberapa stationing dengan nilai kurang dari 3, diantaranya stationing 1+600, stationing 2+000, stationing 4+100, stationing 5+100, dan stationing 5+200, stationing 4+000 dan stationing 6+600. Berdasarkan hasil analisis diperlukan beberapa penanganan yang dapat di lakukan untuk menaikkan star ratingnya, penanganan sepanjang jalan dapat dilakukannya diantaranya, meningkatkan kualitas jalan, penerapan soulder rumble strips (SRS) , penerapan centered line rumble strips (CLRS), pengecatan marka jalan, penambahan dan perbaikan rambu lalu lintas, penegakan hukum, sosialisasi keselamatan jalan, dan penataan tata ruang kota. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penting dalam pengambilan keputusan bagi pemerintah daerah, sekaligus mendukung misi nasional menuju jalan yang lebih berkeselamatan dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Jalan, iRAP, ViDA, Star Rating, Penanganan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011041 21011041 |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:21 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:21 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |