ARDIYANTO, ACHMAD SYAFIQ ENDRA (2025) LAPORAN MAGANG II ANALISIS PENURUNAN PERSENTASE KONSUMSI DAN DAYA MASUK BATERAI BUS LISTRIK YANG AKAN BEROPERASI DI TRANSJAKARTA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
|
Text (ABSTRAK)
21023062_MAGANG 2_ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21023062_MAGANG 2_BAB I.pdf Download (855kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21023062_MAGANG 2_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21023062_MAGANG 2_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21023062_MAGANG 2_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
21023062_MAGANG 2_BAB V.pdf Download (721kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21023062_MAGANG 2_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
Abstract
Laporan ini mengkaji penurunan persentase konsumsi dan daya masuk baterai pada bus listrik yang akan beroperasi di Transjakarta. Penelitian ini dilakukan melalui pemantauan langsung terhadap bus uji coba Zhongtong Medium Low Entry, yang bertujuan untuk mengevaluasi performa baterai dalam kondisi operasional yang berbeda. Fokus utama penelitian ini adalah analisis State of Charge (SoC), efisiensi energi (kWh/km), dan durasi pengisian daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi energi bus listrik pada rute yang diuji bervariasi, dengan rata-rata konsumsi daya berkisar antara 0,27 hingga 0,75 kWh/km, tergantung pada beban penumpang dan kondisi jalan. Pengisian daya memakan waktu rata-rata 40 menit dengan estimasi daya yang terisi sekitar 1,36 kWh/menit. Penurunan daya baterai pada bus listrik ini sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, seperti kondisi jalan, beban penumpang, dan pemeliharaan stasiun pengisian daya. Hasil ini memberikan rekomendasi untuk pengelolaan infrastruktur pengisian daya yang lebih efisien dan perencanaan operasional yang optimal guna meningkatkan efisiensi penggunaan baterai pada bus listrik Transjakarta.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BUS LISTRIK, TRANSJAKARTA |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21023062 21023062 |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:07 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:07 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |